Surya Citra Media (SCMA) Bidik Kenaikan Pendapatan Iklan dari Asian Games

Emiten media televisi PT Surya Citra Media Tbk. membidik kenaikan pendapatan dari belanja iklan pemilik merek selama pelaksanaan Asian Games 2018 yang akan berlangsung mulai kuartal III tahun ini.
Dara Aziliya | 25 Juni 2018 15:24 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten media televisi PT Surya Citra Media Tbk. membidik kenaikan pendapatan dari belanja iklan pemilik merek selama pelaksanaan Asian Games 2018 yang akan berlangsung mulai kuartal III tahun ini.

Direktur Keuangan Surya Citra Media Rusmiyati Djajaseputra mengungkapkan bahwa media televisi Grup Emtek yaitu SCTV dan Indosiar merupakan media publikasi resmi (official broadcaster) Asian Games 2018 sehingga perseroan berpeluang menangkap kenaikan belanja iklan dari pesta olahraga tersebut.

“Selama Januari—Juni 2018, kami melihat belanja iklan agak low. Kami harap pada semester II/2018 ini meningkat arena momentum Asian Games ini gaungnya cukup tinggi dan kami adalah official broadcaster,” ungkap Rusmiyati di Jakarta, Senin (25/6/2018).

Rusmiyati mengugkapkan, kendati belanja iklan stagnan selama semester I/2018, perseroan membidik kenaikan pendapatan dari iklan dapat terkerek pada kisaran 6%—8% hingga akhir tahun, ditopang penyelenggaraan Aian Games pada semester II/2018.

Emiten dengan kode saham SCMA tersebut menyebut kontrak iklan akan dibanjiri oleh seluruh industri, tidak hanya segmen makanan dan minuman (mamin) dan fast moving consumer goods (FMCG) yang selama ini mendominasi belanja iklan televisi.

Sementara itu, Direktur Surya Citra Media Imam Sudjarwo menyampaikan selama Januari--Juni 2018, realisasi belanja iklan cenderung rendah. Belanja iklan pemilik merek stagnan meski ada momentum puasa dan Lebaran.

“Untuk belanja iklan, pada periode Januari—Mei 2018 memang terdapat kenaikan 13% [year-on-year]. Namun, belanja iklan secara net, kami perkirakan akan flat,” ungkap Imam.

Adapun, SCMA membukukan laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp359,18 miliar pada kuartal I/2018.

Capaian tersebut meningkat 19,2% dibandingkan dengan laba bersih perseroan pada kuartal I/2017 yang sebesar Rp301,11 miliar. Kenaikan laba tersebut didorong oleh kenaikan pendapatan yang dibarengi penurunan beban operasional perusahaan.

Berdasarkan laporan keuangan yang dipublikasikan perseroan, perusahaan pengelola stasiun televisi ANTV tersebut membukukan pendapatan Rp1,15 triliun pada kuartal I/2018, meningkat 15% dibandingkan pendapatan perseroan pada kuartal I/2017 yang sebesar Rp1 triliun.

Tag : surya citra media
Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top