EKSPANSI BISNIS: 2017, CSAP Anggarkan Rp250 Miliar Untuk Buka Outlet Baru

PT Catur Sentosa Adiprana Tbk. menargetkan membuka empat outlet baru sepanjang tahun ini. Untuk mendukung rencana tersebut, perseroan menganggarkan belanja modal (capital expenditure/capex) senilai Rp250 miliar.
Annisa Sulistyo Rini | 24 Mei 2017 01:04 WIB
Salah satu gerai Mitra 10 - Antara/Idrus

Bisnis.com, SURABAYA — PT Catur Sentosa Adiprana Tbk. menargetkan membuka empat outlet baru sepanjang tahun ini. Untuk mendukung rencana tersebut, perseroan menganggarkan belanja modal (capital expenditure/capex) senilai Rp250 miliar.

Corporate Secretary CSAP Idrus H. Widjajakusuma mengatakan pada kuartal I/2017 perseroan telah meresmikan outlet Mitra10 di Pantai Indak Kapuk, Jakarta dan di Sidoarjo, Jawa Timur. Rencana pembukaan outlet selanjutnya di Harapan Indah, Bekasi dan Cikarang.

“Kami telah menganggarkan belanja modal senilai Rp250 miliar dengan rincian capex segmen ritel modern senilai Rp150 miliar dan capex segmen distribusi senilai Rp100 miliar,” ujarnya di Surabaya, Selasa (23/5/2017).

Pada tahun lalu, perusahaan yang bergerak di bidang disribusi bahan bangunan, kimia dan consumer goods, dan jaringan toko ritel home improvement dan bahan bangunan Mitra10 ini telah membuka tiga toko yang berlokasi di Pekayon, Lampung, dan Serpong. Saat ini, tercatat jumlah outlet Mitra10 sebanyak 26 unit.

Selain 26 outlet Mitra10, perseroan juga mengoperasikan sebanyak 41 cabang distribusi bahan bangunan di 40 kota, 4 cabang distribusi kimia, 36 area distribusi, dan 10 showrooms Atria.

Idrus menuturkan perusahaan akan terus memperbanyak jaringan outlet Mitra10 hingga sebanyak 50 outlet pada 2020. Menurutnya, ke depan bisnis perseroan akan berimbang antara distribusi dan modern ritel, di mana saat ini porsi bisnis distribusi mendominasi sebesar 71% dan ritel sebesar 29%.

“Bisnis ritel ini kan menjadi tren, atau suatu perubahan. Kami enggak bisa tidak mengikuti,” ujarnya.

Adapun, dana yang digunakan untuk ekspansi outlet tersebut berasal dari dana rights issue yang dilakukan perseroan pada tahun lalu dengan jumlah dana yang dihimpun senilai Rp429 miliar. Untuk tahun depan, Idrus menyebutkan, dana bekal ekspansi kemungkinan berasal dari pinjaman bank.

Pada 2018, ekspansi perseroan juga direncanakan mengarah ke kawasan Indonesia timur. Idrus mengatakan hal ini tidak lepas dari arah pembangunan proyek infrastruktur pemerintah ke wilayah timur. Sedangkan lokasi toko akan dikonsentrasikan di Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi.

“Tahun depan kami buka lagi outlet Mitra10 di Surabaya dan juga kemungkinan di Makassar dan Manado,” katanya.

Sementara itu, dari sisi kinerja, CSAP membukukan penjualan senilai Rp2,2 triliun pada kuartal I/2017 atau tumbuh 16,5% secara tahunan (year on year) dari Rp1,9 triliun. Pertumbuhan kinerja penjualan dan membaiknya kinerja margin mendorong laba bersih perseroan tumbuh sebesar 47,61% dari Rp21 miliar menjadi Rp31 miliar y-o-y.

Tag : csap, emiten ritel
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top