KINERJA REKSA DANA SEPEKAN: Saham Catat Return Tertinggi

Sepekan terakhir, seluruh indeks reksa dana berhasil mencapai kinerja positif, di mana kinerja mingguan tertinggi dicatat oleh indeks reksa dana saham yang ditopang oleh penguatan pasar saham yang signifikan dibandingkan indeks lainnya.
Riendy Astria | 20 Maret 2017 10:02 WIB

Bisnis.com, JAKARTA— Sepekan terakhir, seluruh indeks reksa dana berhasil mencapai kinerja positif, di mana kinerja mingguan tertinggi dicatat oleh indeks reksa dana saham yang ditopang oleh penguatan pasar saham yang signifikan dibandingkan indeks lainnya.

Berdasarkan riset Infovesta Utama yang dipublikasikan Senin (20/3/2017), dikemukakan bahwa setelah selalu menorehkan kinerja paling buncit, pada sepanjang pekan lalu (10 Maret-17 Maret), kinerja reksa dana berhasil unggul. Sebaliknya, indeks reksa dana pasar uang, yang merupakan satu-satunya indeks yang bergerak stabil, mencatatkan kinerja mingguan terendah pada periode ini.

“Kondisi pasar saham dan obligasi, baik pemerintah maupun korporasi menjadi penopang kinerja positif pada seluruh indeks reksa dana minggu ini,” papar tim dalam riset.

Adapun, indeks reksa dana saham berhasil mencatat kinerja mingguan tertinggi dengan return 2,66%, disusul oleh indeks reksa dana campuran 1,31%, indeks reksa dana pendapatan tetap 0,67%, dan indeks reksa dana pasar uang 0,11%.

Sementara, secara year-to-date, indeks reksa dana ini menguat 1,72%. Kinerja ini terbilang sangat baik mengingat beberapa waktu lalu indeks reksa dana ini masih berada pada nilai negatif.

“Penguatan ini didorong oleh kinerja IHSG yang menguat secara signifikan dalam beberapa hari terakhir, yang merupakan reaksi positif investor atas kenaikan Fed Fund Rate.”

Kinerja reksa dana saham dinilai masih akan terus menguat ke depannya. Meski demikian, mayoritas produk reksa dana saham masih underperformed dibandingkan indeks acuannya yaitu IHSG. Dari 231 produk reksa dana saham yang dirilis sejak akhir tahun lalu, Infovesta mencatat hanya 45 produk yang berhasil mencetak kinerja di atas IHSG.

Hingga pekan lalu, seluruh reksa dana berhasil mencatatkan kinerja positif secara year-to-date. Kinerja tertinggi dicatat oleh reksa dana pendapatan tetap yang berhasil menguat sebesar 2,86% hingga 17 Maret 2017.

Indeks

Return 1 Minggu

Indeks reksa dana saham

2,66%

Indeks reksa dana campuran

1,41%

Indeks reksa dana pendapatan tetap

0,67%

Indeks reksa dana pasar uang

0,11%

IHSG

2,78%

Infovesta Government Bond Index

1,01%

Infovesta Corporate Bond Index

0,15%

Sumber: Infovesta Utama

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
reksa dana

Editor : Gita Arwana Cakti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top