Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Ini, Analis Bahas Pengaruh Pemilu AS terhadap Pasar Saham

Warga AS mulai melakukan pemilihan presiden. Pemilihan presiden AS dilakukan secara tidak langsung melalui Electoral College system, dimana warga AS memilih elector di negara bagian masing-masing yang mendukung kandidat presiden yang diinginkan.
/Bisnis
/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA— Warga AS mulai melakukan pemilihan presiden. Pemilihan presiden AS dilakukan secara tidak langsung melalui Electoral College System, dimana warga AS memilih “elector” di negara bagian masing-masing yang mendukung kandidat presiden yang diinginkan.

Saat ini terdapat 538 elector yang meliputi 435 representatives, 100 senator dan 3 elector tambahan dari wilayah Columbia. Dengan demikian, untuk meraih kursi presiden, baik Hillary Clinton maupun Donald Trump harus dapat meraih paling sedikit 270 electoral votes.

Penguatan indeks bursa global termasuk IHSG yang terjadi setelah FBI menyatakan bahwa Clinton bersih dari tuntutan terkait penyelidikan email pribadinya.

Hal ini dinilai mengindikasikan pasar secara umum menganggap kemenangan Clinton lebih berpotensi memberikan stabilitas bagi financial market dibandingkan dengan Trump.

Namun tidak mudah bagi Clinton untuk meraih kursi Presiden AS, melihat beberapa polling menunjukkan selisih yang tidak signifikan.

“Volatilitas perdagangan berpotensi terjadi hingga hasil pemilihan presiden AS ditetapkan,” papar riset HP Financials yang diterima Rabu (9/11/2016).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper