Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lagi, Dua Anak BUMN Melantai di Bursa Tahun Depan

Dua anak emiten BUMN bakal go public tahun depan. Rencana itu telah disampaikan induk perusahaan kepada Kementerian BUMN.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 19 Agustus 2015  |  02:09 WIB
Wika Beton - Istimewa
Wika Beton - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Dua anak emiten BUMN bakal go public tahun depan. Rencana itu telah disampaikan induk perusahaan kepada Kementerian BUMN.

 Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN, Aloysius Kiik Ro, mengatakan pemerintah mendorong anak ketimbang induk usaha untuk IPO karena prosesnya lebih cepat.

 "Dia manuvernya bisa lebih cepat dan on time listing di bursa," ujarnya, Selasa (18/8/2015).

 Namun, Aloysius tidak bersedia menyebut nama perusahaan dengan alasan tidak ingin mendahului pengumuman oleh induk usaha. 

 "Karena anak perusahaan dari Tbk (perusahaan terbuka), saya belum bisa (menyebutkan). Mereka harus RUPS (rapat umum pemegang saham) dulu," katanya. 

 Menurutnya, kesuksesan PT Wika Beton Tbk (WTON), anak perusahaan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) dan PT PP Property (PPRO), anak perusahaan PT Perusahaan Pembangunan (Persero) Tbk (PTPP), perlu ditiru. 

 Harga saham WTON melesat Rp210 menjadi Rp800 pada pencatatan perdananya dari harga IPO Rp590 per lembar. Perseroan pada April 2014 melepas 2,04 miliar saham ke publik atau 23,47% dari modal ditempatkan dan disetor penuh dan meraup dana Rp1,2 triliun.

 Sementara itu, harga saham PT PP Property (PPRO) dibuka naik Rp55 menjadi Rp240 dari harga penawaran Rp185 per lembar saat pencatatan April tahun ini. Persseroan melepas 4,91 miliar lembar saham dan meraup dana Rp908,78 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bumn ipo pasar saham
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top