Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Refinancing Utang, iForte Raih Pinjaman Rp350 Miliar dari DBS

Cucu usaha PT Sarana Menara Nusantara Tbk. meraih pinjaman senilai Rp350 miliar dari PT Bank DBS Indonesia
PT Iforte Solusi Infotek/iforte.co.id
PT Iforte Solusi Infotek/iforte.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – Cucu usaha PT Sarana Menara Nusantara Tbk. meraih pinjaman senilai Rp350 miliar dari PT Bank DBS Indonesia.

Cucu usaha emiten sewa menara berkode saham TOWR itu yakni PT Iforte Solusi Infotek yang baru saja diakuisisi penuh oleh PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo). TOWR mengantongi 9,9994% saham dalam Protelindo.

Pinjaman senilai Rp350 miliar merupakan revolving loan facility yang jatuh tempo pada 11 Agustus 2016. Bunga senilai jumlah Jakarta Interbank Offered Rate ditambah margin yang berlaku yakni sebesar 2,15% per tahun untuk periode bunga satu bulan dan 2,35% per tahun untuk periode bunga tiga bulan.

Perjanjian pinjaman ditandatangani pada 11 Agustus 2015. Berdasarkan keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), dalam perjanjian itu iForte berlaku sebagai peminjam, Protelindo sebagai penanggung, dan Bank DBS Indonesia bertindak sebagai agen fasilitas dan peberi pijaman.

Pada tanggal yang sama ditandatangani pula Corporate Guarantee and Indemnity antara Protelindo sebagai pemberi jaminan perusahaan dan DBS sebagai agen fasilitas.

“Dana pinjanan untuk melunasi fasilitas pinjaman yang dimiliki iForte berdasasarkan perjanjian fasilitas pada 22 Februari 2014 beserta amandemennya yang dibuat leh dan antara iForte dan DBS,” tulis Sekretaris Perusahaan Sarana Menara Nusantara Arif Pradana, Kamis, (13/8/2015).

Dana pinjaman juga akan dipakai untuk keperluan korporasi bersifat umum dari iForte.

Menurut Arif, perjanjian fasilitas DBS bersama iForte itu serta perjanjian pinjaman yang diberikan Protelindo bukanlah transaksi material karena nilai dua perjanjian itu kurang dari 20% dari ekuitas TOWR. Perhitungan tersebut berdasarkan laporan keuangan konsolidasian TOWR per 31 Desember 2014.

Sementara, jaminan perusahan merupakan transaksi afiliasi karena iForte merupakan anak usaha yang 100% sahamnya dimiliki langsung oleh Protelindo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper