Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dua BUMN Farmasi Berencana Gelar RUPS, Terkait Rencana Konsolidasi?

Dua BUMN farmasi akan menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) tahunan pada 26 Maret 2014.
Gita Arwana Cakti
Gita Arwana Cakti - Bisnis.com 11 Maret 2014  |  10:27 WIB
 Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Dua BUMN farmasi akan menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) tahunan pada 26 Maret 2014.

Dua BUMN farmasi itu adalah PT Kimia Farma Tbk. (KAEF) dan PT Indofarma Tbk. (INAF). Namun, rencana penggabungan usaha atau konsolidasi dua BUMN farmasi itu tidak termasuk dalam agenda yang akan dibahas di dalam RUPS tersebut.

Berdasarkan pengumuman kepada publik, Selasa (11/3/2014), sejumlah agenda yang akan dibahas oleh masing-masing emiten farmasi itu a.l persetujuan laporan tahunan 2013, laporan kegiatan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) 2013, penetapan gaji dan honorarium, penjunjukkan akuntan publik, persetujuan pemberlakuan Peraturan Menteri BUMN, dan perubahan susunan pengurus perseroan.

Seperti diketahui, rencana penggabungan BUMN sektor farmasi itu telah lama diwacanakan, tetapi hingga saat ini masih belum juga terealisasi.

Berdasarkan catatan Bisnis, (Jumat, 28/2/2014), pemerintah berharap dapat merealisasikan penggabungan BUMN farmasi itu pada tahun ini.

Namun, Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, dan Perhubungan Kementerian BUMN Dwijanti Tjahjaningsih menuturkan aksi korporasi itu memang butuh waktu karena melibatkan sejumlah lembaga negara, seperti Kementerian Keuangan, Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, serta Sekretaris Kabinet.

Saat ini, ada tiga perusahaan farmasi yang tercatat sebagai BUMN, yaitu Kimia Farma, Indofarma, dan PT Biofarma.
Dari ketiganya, pemerintah akan menggabungkan dua perusahaan yang dinilai memiliki bisnis serupa, yaitu Kimia Farma dan Indofarma. Sementara itu, Biofarma tidak masuk ke dalam konsolidasi itu karena dinilai memiliki bisnis strategis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indofarma bumn farmasi kimia farma
Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top