Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Letusan Sinabung Rusak 1.893 Hektare Jeruk Karo

Seluas 1.893 hektare tanaman jeruk di Tanah Karo mengalami kerusakan pascaerupsi dan letusan Gunung Sinabung berturut-turut sejak bulan lalu.

Bisnis.com, JAKARTA—Seluas 1.893 hektare tanaman jeruk di Tanah Karo mengalami kerusakan pascaerupsi dan letusan Gunung Sinabung berturut-turut sejak bulan lalu.

"Kemungkinan jumlah kerusakan tanaman jeruk itu masih akan bertambah karena yang terdata masih di lima kecamatan terdekat Gunung Sinabung," kata Kepala Dinas Pertanian Karo, Agustoni Tarigan seperti dikutip Antara, Rabu (13/11/2013).

Berdasarkan data, luasan kebun jeruk di Karo sekitar 14.000 hektare. Kerusakan tanaman jeruk itu membuat produksi berkurang, dan pengurangan diperkirakan berlanjut hingga tahun depan. Mengingat dampak letusan baru dirasakan pada panen berikutnya.

Menurut dia, penanganan juga belum bisa dilakukan kepada tanaman jeruk itu, karena situasi belum memungkinan karena lantaran Sinabung masih berulang.

Padahal, tambahnya, pemerintah Kabupaten Karo pada perubahan anggaran pendapatan dan belanja (PAPBD) 2013, ada dana anggaran untuk pengadaan bibit jeruk ke petani sejumlah 165.000 pohon.

"Pemberian bibit jeruk itu dilakukan untuk mengembangkan salah satu buah khas daerah itu menyusul sudah banyaknya tanaman tua dan sebagian diserang penyakit," katanya.

Pedagang buah di Pusat pasar Medan, Asiang menyebutkan, pasokan buah jeruk dari Karo semakin ketat karena produksi petani semakin rendah dampak erupsi dan letusan Sinabung.

"Harga jual di pasar semakin mahal.Paling murah Jeruk Berastagi dijual Rp15.000 per kg dari sebelumnya, Rp10.000 per kg," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper