Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Merger SCTV-Indosiar Ditargetkan Rampung 1 Mei 2013

JAKARTA--Setelah 2 tahun terkatung-katung, proses penggabungan alias merger antara PT Surya Citra Media Tbk dan PT Indosiar Karya Media Tbk ditargetkan rampung pada 1 Mei 2013.Dalam prospektus rencana merger yang dipublikasikan hari ini, Selasa (19/2/2013),

130220_sctv-indosiar1.jpg
130220_sctv-indosiar1.jpg
JAKARTA--Setelah 2 tahun terkatung-katung, proses penggabungan alias merger antara PT Surya Citra Media Tbk dan PT Indosiar Karya Media Tbk ditargetkan rampung pada 1 Mei 2013.

Dalam prospektus rencana merger yang dipublikasikan hari ini, Selasa (19/2/2013), menyebutkan kedua perseroan telah mengantongi restu dari masing-masing dewan direksi pada 15 Februari 2013.

Sementara itu, tanggal efektif dari Otoritas Jasa Keuangan ditargetkan dapat dikantongi pada 20 Maret 2013.

Selanjutnya, kedua perseroan akan menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) guna meminta restu pemegang saham pada 5 April 2013.

Skema penggabungan yang dilakukan adalah Indosiar akan melebur ke dalam Surya Citra dengan nama PT Surya Citra Media Tbk. Akibatnya, Indosiar akan melakukan delisting perdagangan sahamnya di Bursa Efek Indonesia yang diperkirakan terlaksana pada 6 mei 2013.

Sehubungan dengan rencana transaksi ini, kedua perseroan memberikan tenggat waktu hingga 5 Maret 2013 kepada para kreditur untuk menyatakan keberatannya atas rencana transaksi ini.

Dengan merger ini, diharapkan dapat meningkatkan sinergi dan efisiensi perusahaan akibat perampingan operasional dan penghapusan duplikasi kegiatan operasional yang sebelumnya harus dijalankan oleh dua perusahaan terpisah.

Selain itu, merger juga diharapkan dapat membantu memudahkan investor pasar modal yang akan berinvestasi pada kegiatan media televisi.

"Sehingga dengan hanya membeli saham pada satu perusahaan terbuka, investor telah secara tidak langsung dapat berinvestasi di SCTV dan Indosiar di bidang penyiaran swasta," tulis manajemen kedua perseroan.

Berdasarkan catatan Bisnis, penggabungan kedua entitas stasion televisi swasta nasional itu dilakukan seiring akuisisi atas Indosiar yang telah dilakukan oleh PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) selaku pemegang saham pengendali SCTV pada awal 2011.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Achmad Aris
Editor : Others
Sumber : Achmad Aris

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper