Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Diproyeksi Menguat, Pantau Saham INCO, MDKA, hingga BREN

IHSG diproyeksikan akan mengalami rebound pada perdagangan Kamis (10/10/2024) setelah lesu pada perdagangan kemarin, Rabu (9/10/2024).
Pekerja beraktivitas di dekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (25/9/2024)./JIBI/Bisnis/Abdurachman
Pekerja beraktivitas di dekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (25/9/2024)./JIBI/Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks harga saham gabungan (IHSG) diproyeksikan akan mengalami rebound pada perdagangan hari ini, Kamis (10/10/2024) setelah lesu pada perdagangan kemarin, Rabu (9/10/2024). 

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), IHSG ditutup melemah sebesar 55,85 poin atau 0,74% menuju posisi 7.501,28 pada perdagangan kemarin.

Tim Riset Phintraco Sekuritas menilai IHSG berpotensi technical rebound ke kisaran 7.550 pada perdagangan hari ini, sebab stochastic RSI dan MACD masih cenderung bergerak dalam positive slope

"IHSG diyakini mempertahankan fase konsolidasinya untuk beberapa waktu ke depan," tulis Tim Riset Phintraco Sekuritas pada Kamis (10/10/2024).

Adapun, IHSG diproyeksikan akan berada pada level resistance 7.600, pivot 7.550, serta support 7.500.

Terdapat sentimen yang dinilai akan memengaruhi pergerakan IHSG hari ini. Dari luar negeri, Kementerian Keuangan China dikabarkan menyiapkan paket stimulus fiskal yang diperkirakan mencapai 1-2 triliun yuan China pada pekan ini. Seiring dengan gejolak geopolitik di Timur Tengah, fluktuasi harga komoditas energi juga masih membayangi.

"Lonjakan harga komoditas energi tidak menguntungkan bagi bank-bank sentral yang mengharapkan berlanjutnya tren penurunan inflasi," tulis Tim Riset Phintraco Sekuritas.

Kemudian, nilai tukar rupiah diperkirakan masih sulit bergerak ke bawah Rp15.500 per dolar Amerika Serikat (AS). Selain itu, spekulasi kenaikan harga BBM subsidi masih akan membayangi untuk beberapa waktu ke depan.

Phintraco Sekuritas menyematkan sejumlah saham pilihan pada perdagangan hari ini, di antaranya saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO), PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA), PT Merdeka Battery Materials Tbk. (MBMA), PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. (PGEO), serta PT United Tractors Tbk. (UNTR).

Dalam riset terpisah, Head of Research Retail BNI Sekuritas Fanny Suherman mengatakan IHSG akan cenderung untuk bergerak sideways menunggu data inflasi AS nanti malam. 

IHSG diproyeksikan bergerak di rentang support 7.400-7.450 dan resistance 7.550-7.600.

Terdapat sejumlah saham yang disarankan BNI Sekuritas untuk trading hari ini, di antaranya saham PT Bumi Resources Minerals Tbk. (BRMS), PT Panin Financial Tbk. (PNLF), PT Barito Renewables Energy Tbk. (BREN), PT Rukun Raharja Tbk. (RAJA), PT Erajaya Swasembada Tbk. (ERAA), dan PT Semen Indonesia Tbk (SMGR).

-----

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper