Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Istana Wapres Rp1,3 Triliun di IKN Masuk Proyek Jumbo Adhi Karya (ADHI) di 2024

Proyek Tambak Udang Sumbawa hingga Istana Wakil Presiden menjadi kontributor terbesar nilai kontrak baru ADHI hingga Juli 2024.
Pekerja beraktivitas di proyek yang dikerjakan PT Adhi Karya./JIBI-Nurul Hidayat
Pekerja beraktivitas di proyek yang dikerjakan PT Adhi Karya./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten BUMN konstruksi PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI) mencatatkan lima proyek dengan perolehan nilai kontrak paling besar sepanjang 2024.

Berdasarkan data internal perusahaan, ADHI telah membukukan nilai kontrak baru Rp12 triliun sampai dengan Juli 2024. Segmen engineering dan konstruksi mendominasi perolehan kontrak baru tersebut dengan porsi mencapai 90%. 

Dari jumlah itu, terdapat lima proyek dengan raihan nilai kontrak terbesar yang dikantongi ADHI sepanjang Januari – Juli 2024. Di posisi pertama ada proyek sarana prasarana Tambak Udang Sumbawa KKP RI dengan perolehan nilai kontrak Rp3,2 triliun.

Peringkat berikutnya adalah proyek Istana Wakil Presiden di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, yang mencatatkan nilai kontrak sebesar Rp1,3 triliun. 

“Itu adalah dua proyek terbesar kami,” ujar Direktur Operasi I ADHI A. Suko Widigdo dalam Pubex Live 2024 yang digelar secara daring pada Rabu (28/8/2024).

Di sisi lain, tiga proyek terbesar ADHI datang dari proyek EPCC Jetty & Propylene Storage Tank dengan nilai Rp700 miliar, lalu proyek Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek Fase 2 mencapai Rp500 miliar, dan Gedung Otoritas IKN tembus Rp300 miliar. 

Direktur Utama ADHI Entus Asnawi Mukhson mengatakan perolehan kontrak baru senilai Rp12 triliun per Juli 2024 telah mencerminkan komitmen perseroan dalam memperkuat posisi di sektor konstruksi nasional di tengah tantangan ekonomi global. 

Dari sisi kinerja, ADHI mencetak laba bersih sebesar Rp13,8 miliar pada semester I/2024. Perolehan ini meningkat 11% dibandingkan tahun lalu yang meraih Rp12,41 miliar. 

Berdasarkan laporan keuangan per akhir Juni 2024, ADHI mencatatkan pendapatan sebesar Rp5,68 triliun selama enam bulan pertama tahun ini. Jumlah tersebut dikontribusikan oleh segmen teknik dan konstruksi yang mencapai Rp4,45 triliun. 

Sementara itu, perseroan membukukan beban pokok ADHI senilai Rp5,15 triliun atau turun 9,52% secara year-on-year (YoY). Setelah diakumulasikan antara pendapatan dan beban, emiten BUMN Karya ini meraih laba kotor sebesar Rp521,66 miliar. 

Sekretaris Perusahaan Adhi Karya, Rozi Sparta, mengatakan kenaikan laba perseroan ditopang oleh proyek Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo, jalan Tol Yogyakarta-Bawen, dan Pembangunan Rumah Susun Polri dan BIN IKN- Penajam Paser. 

“Peningkatan laba bersih ini mengindikasikan ADHI tetap mampu bertumbuh di tengah sentimen industri konstruksi yang kurang baik,” pungkasnya. 

Dari sisi neraca keuangan, ADHI mencatatkan total aset senilai Rp36,2 triliun pada semester I/2024. Pada saat bersamaan, perseroan telah menurunkan utang usaha sebesar 14%, diikuti dengan utang bank dan obligasi sebesar 20%. 

Hal itu membuat liabilitas ADHI tercatat mencapai Rp26,9 triliun pada semester I/2024, atau turun 14% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yakni Rp31,3 triliun. Adapun perseroan membukukan ekuitas Rp9,2 triliun. 

 

--------------------------

 

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab atas kerugian atau keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper