Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investor Asing Belanja Rp11,6 Triliun: BMRI, BBCA, hingga ASII Jadi Incaran

Investor asing mencetak net foreign buy sebesar Rp11,6 triliun dalam sepekan, dengan beberapa saham seperti BMRI, BBCA, hingga ASII menjadi incaran.
Karyawan beraktivitas di dekat layar pergerakan saham PT Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Senin (10/6/2024). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan beraktivitas di dekat layar pergerakan saham PT Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Senin (10/6/2024). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Investor asing mencatatkan net foreign buy sebesar Rp11,6 triliun di pasar modal Indonesia dalam sebulan terakhir. Beberapa saham seperti BMRI, BBCA, hingga ASII menjadi buruan investor asing dalam sebulan terakhir.

Berdasarkan data RTI Infokom, investor asing memburu saham PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI). Investor asing mencetak net foreign buy sebanyak Rp3,37 triliun dalam sebulan terakhir di saham BMRI.

Saham BMRI tercatat bergerak dalam rentang Rp6.375-Rp7.350 dalam sebulan terakhir.

Setelah BMRI, saham bank lain yang juga menjadi incaran investor asing adalah PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA). Investor asing tercatat memborong saham BBCA dengan nilai pembelian bersih sebesar Rp3,13 triliun.

Sebanyak 1,2 miliar saham BBCA diborong investor asing dalam sebulan, dengan jumlah penjualan sebanyak 871,1 juta saham.

Di posisi ketiga, investor asing memburu saham PT Astra International Tbk. (ASII). Investor asing membeli bersih saham ASII dengan nilai sebesar Rp841,5 miliar dalam sebulan.

Saham ASII juga tercatat bergerak menguat 11,92% dalam sebulan ini terakhir. Saham ASII bergerak pada rentang Rp4.500-Rp5.225 dalam sebulan terakhir.

Setelah saham ASII, saham selanjutnya yang juga menjadi incaran investor asing adalah saham pengelola minimarket Alfamart, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (AMRT). Asing membeli saham AMRT dengan nilai Rp413,9 miliar dalam sebulan terakhir.

Investor asing juga tercatat menyukai saham milik konglomerat Anthony Salim, PT Indofood Sukses Makmur Tbk. (INDF). Asing membeli saham INDF dengan nilai beli bersih sebesar Rp325,8 miliar dalam sebulan terakhir.

Saham selanjutnya yang menjadi favorit asing dalam sebulan terakhir adalah ADRO, dengan nilai pembelian Rp281,7 miliar. Lalu saham JPFA, dengan nilai beli bersih Rp261,9 miliar.

Setelahnya yaitu saham MYOR dengan nilai beli bersih Rp178,01 miliar, MIKA dengan nilai beli bersih Rp175,78 miliar, dan SMGR dengan nilai beli bersih Rp174,3 miliar.

Daftar saham incaran investor asing periode sebulan terakhir:

Emiten Net Foreign Buy (Rp)
BMRI 3,37 T
BBCA 3,13 T
ASII 841,5 M
AMRT 413,9 M
INDF 325,8 M
ADRO 281,7 M
JPFA 261,9 M
MYOR 178,01 M
MIKA 175,78 M
SMGR 174,3 M
KLBF 162,17 M

Sumber: RTI Infokom, diolah

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper