Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ACES, HERO, hingga TPIA Lagi Rebranding dan Diversifikasi, Cek Rekomendasi Sahamnya

Berikut rekomendasi saham dari ACES, HERO, dan TPIA yang sedang dalam upaya rebranding serta diversifikasi bisnis.
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Jakarta, Rabu (20/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Jakarta, Rabu (20/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — Sederet emiten seperti PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk. (ACES), PT Hero Supermarket Tbk. (HERO), dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA) sedang dalam upaya rebranding serta diversifikasi bisnis. Bagaimana rekomendasi sahamnya?

ACES misalnya sedang bergeliat rebranding setelah mengganti nama perusahaan dari sebelumnya bernama PT Ace Hardware Indonesia Tbk. Pergantian nama emiten peritel itu dilakukan jelang berakhirnya perjanjian lisensi dengan Ace Hardware Corporation di Amerika Serikat (AS) akhir tahun ini.

Pergantian nama telah disepakati dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 7 Juni 2024 lalu. Nama baru emiten berkode ACES itu adalah Aspirasi Hidup Indonesia. Nama baru kemudian berlaku efektif sejak 8 Juni 2024.

Selain mengubah nama, ACES juga telah meluncurkan logo baru perusahaan yang berbeda dengan yang sebelumnya dipakai oleh Ace Hardware di AS.

Lalu, emiten peritel lainnya PT Hero Supermarket Tbk. (HERO) juga mengumumkan perubahan nama perusahaan usai perseroan melepas bisnis makanan Hero Supermarket.

Perseroan resmi melepas bisnis makanan Hero Supermarket kepada afiliasinya, PT Hero Retail Nusantara melalui penandatanganan conditional sale and purchase agreement (CSPA) pada 19 April 2024. Nilai transaksi ini tercatat sebesar Rp315 miliar.

Emiten milik Prajogo Pangestu juga melakukan pergantian nama yang semula PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA) menjadi PT Chandra Asri Pacific Tbk. Hal itu pun telah disetujui para pemegang saham pada RUPSLB yang digelar pada akhir tahun lalu (29/12/2023).

Manajemen menyebut, perubahan nama perusahaan adalah sebuah keniscayan seiring langkah diversifikasi TPIA ke bisnis di luar pertokimia.

TPIA memang tengah melakukan diversifikasi bisnis. Setelah sebelumnya masuk sektor kelistrikan, kini TPIA merancang akuisisi perusahaan pengelola Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Nafan Aji Gusta mengatakan upaya rebranding dan diversifikasi itu diapresiasi investor. "Tentunya juga ini turut memengaruhi kinerja bottom line yang bagus," ujarnya. Kamis (22/8/2024).

Namun, dia hanya fokus menyoroti emiten ACES. Menurutnya, ACES potensial karena akan mendapatkan dorongan dari pertumbuhan konsumsi domestik. "Ini akan memengaruhi kinerja penjualan dan laba," ujarnya.

Kinerja keuangan ACES sejauh ini pun menurutnya moncer. ACES telah meraup laba Rp365,76 miliar pada semester I/2024, tumbuh 20,94% secara tahunan (year on year/yoy). ACES juga telah meraup pendapatan Rp4,05 triliun pada kuartal II/2024, tumbuh 13,94% yoy.

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper