Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Menguat, Simak Rekomendasi Saham BBRI, PWON, & ACES Hari Ini!

Indeks harga saham gabungan (IHSG) dibuka menguat pada pembukaan pasar hari ini, Rabu (14/8/2024). Simak rekomendasi saham Ajaib Sekuritas.
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Rabu (10/7/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Rabu (10/7/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks harga saham gabungan (IHSG) dibuka menguat pada pembukaan pasar hari ini, Rabu (14/8/2024). Ajaib Sekuritas merekomendasikan investor untuk mencermati saham BBRI, ACES, dan PWON.

Sesaat setelah pembukaan, IHSG tercatat menguat 0,27% atau 20,37 poin ke level 7.377,01. Pada pembukaan perdagangan pagi ini, kapitalisasi pasar tercatat mencapai Rp12.537 triliun. Adapun, nilai transaksi Rp442,49 miliar. IHSG bergerak di rentang 7.372,89 hingga 7.400,8 pada sesi pertama perdagangan hari ini. 

Financial Expert Ajaib Sekuritas Ratih Mustikoningsih mengatakan pada perdagangan hari ini, IHSG diprediksi bergerak menguat dalam range 7.330-7.400.

Terdapat sejumlah sentimen yang akan memengaruhi pergerakan IHSG hari ini. Dari dalam negeri, IHSG menguat dalam 3 hari beruntun sejalan dengan menguatnya nilai tukar rupiah, stabilitas ekonomi makro dan fiskal, serta sinyal kuat penurunan suku bunga The Fed pada September 2024 mendatang.

Kementerian Keuangan RI melaporkan pendapatan negara per Juli 2024 mencapai Rp1.545,4 triliun atau setara dengan 55,1% dari target APBN 2024. Di sisi lain, belanja negara hingga Juli 2024 terealisasi Rp1.638,8 triliun atau 49,3% dari target. 

Secara keseluruhan, defisit APBN per Juli 2024 sebesar Rp93,4 triliun atau setara dengan 0,41% terhadap produk domestik bruto (PDB). Sementara, pada periode yang sama keseimbangan primer tercatat Rp179,3 triliun.

Dari luar negeri, Bursa Wall Street menguat signifikan menyambut potensi turunnya data inflasi di tingkat konsumen periode Juli 2024 yang akan rilis hari ini. Akselerasi Wall Street juga didukung oleh data inflasi di tingkat produsen dimana Indeks Harga Produsen (PPI) pada Juli 2024 menguat 2,2% secara tahunan (year on year/YoY) setelah pada bulan sebelumnya tumbuh 2,7% yoy.

Dalam risetnya, Ajaib Sekuritas menempatkan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BBRI), PT Pakuwon Jati Tbk. (PWON), dan PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk. (ACES) sebagai saham pilihannya.

"BBRI merupakan emiten big bank yang paling diuntungkan dengan adanya penurunan suku bunga," kata Ratih dalam risetnya pada Rabu (14/8/2024).

BBRI direkomendasikan buy dengan target harga Rp4.880. BBRI berpotensi berbalik arah dari bearish jangka pendek membentuk rounding bottom ke area resistance 4.900. Indikator MACD bar histogram melemah terbatas dalam momentum akumulasi.

Senada, PWON direkomendasikan beli dengan target harga Rp474. PWON terdorong oleh kondisi nilai tukar rupiah yang terapresiasi yang juga menjadi pendorong bottom line PWON.

Selain itu, ACES direkomendasikan beli dengan target harga Rp770. ACES terdorong oleh permintaan domestik yang masih tinggi. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) domestik pada Juli 2024 sebesar 123,4 atau naik minimalis dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebesar 123,3.

----------

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper