Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jurus Emiten Hermanto Tanoko AVIA Pacu Kinerja Semester I/2024

Emiten milik Hermanto Tanoko, PT Avia Avian Tbk. (AVIA) mencatatkan kenaikan kinerja di tengah melemahnya daya beli masyarakat sepanjang semester I/2024.
PT Avia Avian Tbk. (AVIA) meraih kenaikan pendapatan dan laba bersih pada semester I/2024./Bisnis
PT Avia Avian Tbk. (AVIA) meraih kenaikan pendapatan dan laba bersih pada semester I/2024./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten milik Hermanto Tanoko, PT Avia Avian Tbk. (AVIA) mencatatkan kenaikan tipis dari sisi top line dan bottom line di tengah melemahnya daya beli masyarakat sepanjang semester I/2024.

Meskipun dihadapkan dengan kondisi ekonomi yang menantang dan lemahnya daya beli masyarakat, manajemen emiten milik Hermanto Tanoko itu menyampaikan perseroan mencatat total penjualan konsolidasi sebesar Rp3,62 triliun pada semester I/2024. Pendapatan AVIA tumbuh 3,20% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp3,50 triliun.

Penjualan AVIA masih didominasi oleh penjualan distributor sendiri sebesar Rp3,21 triliun, distributor pihak ketiga sebesar Rp382,91 miliar serta penjualan langsung sebesar Rp21,59 miliar. Adapun, penjualan melalui distributor sendiri merupakan penjualan yang dilakukan oleh PT TKTW dan PT TKBI sebagai entitas usaha.

Berdasarkan laporan keuangan yang dipublikasikan, produsen cat Avian mencatatkan kenaikan tipis pada laba bersih yakni 0,20% menjadi Rp808,24 miliar dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp806,61 miliar.

“Pada semester I/2024, AVIA mencatatkan margin laba kotor sebesar 45,0%, margin EBITDA sebesar 27,7%, dan margin laba bersih sebesar 22,3%,” tulis manajemen dalam keterangan resmi, Kamis (1/8/2024). 

Sampai dengan akhir semester I/2024, AVIA memiliki sebanyak 123 pusat distribusi yang dimiliki sendiri, didukung oleh 15 pusat distribusi mini dan 39 pusat distribusi pihak ketiga. 

“Dengan memiliki jaringan distribusi yang luas mencangkup seluruh wilayah Indonesia, telah membedakan AVIA dengan para pesaing lainnya, utamanya dalam hal kualitas layanan yang diberikan,” kata Manajemen AVIA.

Manajemen juga mengklaim saat ini AVIA telah melayani lebih dari 57.000 toko bahan bangunan di berbagai wilayah Indonesia. AVIA mampu melakukan pengiriman ekspres, yakni pengiriman barang dalam waktu sekitar 2 jam setelah pesanan dilakukan. Pelayanan ini merupakan elevasi dari layanan one-day delivery yang sudah sejak lama dijalankan AVIA. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper