Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Trump Pidato Pro-Kripto, Bitcoin Terbang ke Level Tertinggi dalam Enam Minggu

Bitcoin telah menyentuh level tertinggi sejak pertengahan Juni 2024 usai Donald Trump berpidato mengenai agenda pro-kriptonya dan faktor The Fed.
Warga beraktivitas di dekat logo mata uang kripto di Depok, Jawa Barat, Rabu (4/1/2023). Bisnis/Arief Hermawan P
Warga beraktivitas di dekat logo mata uang kripto di Depok, Jawa Barat, Rabu (4/1/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Bitcoin telah menyentuh level tertinggi sejak pertengahan Juni 2024 setelah mantan Presiden AS Donald Trump memperluas agenda pro-kriptonya dan faktor ekspektasi pemangkasan suku bunga Federal Reserve (The Fed). 

Harga bitcoin telah naik 2,6% pada Senin (26/7/2024)  dan diperdagangkan pada US$69,462 pada pukul 11:40 pagi di Singapura atau pukul 10.40 WIB. Token yang lebih kecil seperti Ether, Solana, dan Dogecoin yang populer di kalangan meme juga ikut naik.

Adapun berdasarkan data CoinMarketCap pada pukul 14.35 WIB, Bitcoin kini berada pada level US$69.539,16, mencatatkan kenaikan sebesar 3,16% dalam satu hari. 

Calon presiden AS dari Partai Republik, Donald Trump, berjanji pada konferensi akhir pekan bahwa ia akan memecat ketua Komisi Sekuritas Bursa dan memilih regulator yang pro-kripto jika kembali ke Gedung Putih. Ia juga berencana membuat AS menjadi ibu kota kripto. 

"Siang ini, saya akan memaparkan rencana saya untuk memastikan bahwa Amerika Serikat akan menjadi ibu kota kripto di planet ini dan negara adikuasa Bitcoin di dunia dan kita akan mewujudkannya," pungkasnya, seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (29/7).

Massa yang berkumpul kemudian bersorak keras kala Trump menuturkan akan memecat SEC Gary Gensler, yang masa jabatannya akan berakhir pada 2026. 

Kemudian, Trump juga berjanji untuk membentuk dewan penasihat presiden industri kripto, membuat kerangka kerja stablecoin, dan menyerukan pengurangan penegakan hukum.

“Kita akan memiliki regulasi, tetapi mulai sekarang, regulasi akan dibuat oleh orang-orang yang mencintai industri Anda, bukan yang membenci industri Anda,” ungkap Trump.

Tak hanya itu, ia juga akan memerintahkan pemerintahan AS untuk menahan menjual kripto yang disita dalam kasus kriminal dan menggunakan token tersebut sebagai dasar untuk apa yang disebutnya sebagai persediaan Bitcoin yang strategis. 

Pernyataan di Nashville tersebut kemudian menjadi bukti terkini tentang bagaimana Trump merangkul teknologi dan berupaya memposisikan dirinya sebagai pendukung kepentingan kripto.

Adapun, sebelumnya Trump menyuarakan skeptisisme tentang mata uang kripto kala ia menjabat. Kini, dalam kampanye presidensial 2024, ia mengubah arah dengan semakin menyoroti Bitcoin dan secara aktif merayu sektor kripto. 

Kepala penelitian di Pepperstone Group, dalam sebuah catatannya juga mengatakan bahwa pidato Trump di acara Bitcoin di Nashville mengukuhkan mata uang kripto sebagai perdagangan pemilu utama. 

Sementara itu, pertemuan The Fed pada akhir minggu ini diharapkan akan meletakkan dasar bagi dimulainya siklus penurunan suku bunga. Prospek ini dapat mengangkat sentimen di pasar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper