Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IDEA Catat Pertumbuhan 11% dan Putuskan Tebar Dividen

RUPST PT Idea Indonesia Akademi Tbk. (IDEA) menyetujui pembagian dividen sebesar Rp531 juta yang akan dibagikan sebagai dividen tunai sebesar Rp0,5 per saham.
Karyawan beraktivitas di PT Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (21/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan beraktivitas di PT Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (21/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Idea Indonesia Akademi Tbk. (IDEA) menyetujui pembagian dividen sebesar Rp531 juta yang akan dibagikan sebagai dividen tunai sebesar Rp0,5 per saham. Keputusan ini berlaku bagi pemegang saham yang tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan pada 11 Juni 2024.

Dalam RUPST yang digelar pada Kamis, 30 Mei 2024, IDEA mengumumkan kenaikan pendapatan sebesar 11% dari Rp18,27 miliar pada tahun lalu menjadi Rp20,28 miliar.

Selain itu, perusahaan mencatatkan laba bersih sebesar Rp948,99 juta, meningkat sebesar 55,96% dibandingkan dengan laba bersih tahun 2022 yang sebesar Rp608,54 juta. Pendapatan terbesar disumbang oleh lini pendidikan sebesar Rp9,98 miliar, sementara lini hotel menyumbang Rp10,30 miliar.

Direktur Utama IDEA Eko Desriyanto menyatakan bahwa peningkatan omset berasal dari pendapatan program siswa dan sewa kamar hotel yang juga mengalami peningkatan pada 2023. Selain itu, efisiensi biaya operasional turut berkontribusi pada peningkatan laba bersih perusahaan. 

“Keberhasilan kami dalam meningkatkan pendapatan dan laba bersih sepanjang 2023 merupakan hasil dari strategi yang tepat dan kerja keras seluruh tim. Kedepannya, kami berharap dapat terus mengoptimalkan kinerja dan inovasi di setiap lini bisnis kami untuk menjaga pertumbuhan yang berkelanjutan,” ujar Eko dalam paparan publik yang diadakan seusai RUPST.

Eko juga menambahkan bahwa keputusan pembagian dividen ini sudah mempertimbangkan rencana ekspansi perusahaan, kondisi keuangan termasuk likuiditas, serta pertimbangan lainnya. Sebagai perusahaan publik, IDEA berkomitmen untuk memberikan nilai tambah bagi pemegang saham dengan membagikan dividen, dan berencana untuk terus melakukannya di tahun-tahun mendatang seiring dengan pencapaian keuangan perusahaan yang semakin baik,” tambahnya.

Menghadapi prospek 2024, IDEA optimistis melihat pertumbuhan perekonomian Indonesia yang diperkirakan stabil dan iklim investasi yang kondusif berkat stabilitas politik. Menyambut hal tersebut, IDEA akan terus meningkatkan fokus pada strategi pemasaran yang inovatif, menjalin kemitraan strategis, dan meningkatkan keunggulan kompetitif yang dimiliki. Perusahaan juga berencana untuk memperkuat sinergi dan integrasi dari setiap unit bisnis untuk mencapai kinerja positif yang lebih efisien sesuai dengan target dan rencana yang telah disusun.

Dengan langkah-langkah strategis tersebut, IDEA berharap dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan pertumbuhan yang telah dicapai, memberikan manfaat yang lebih besar bagi para pemegang saham, dan menjaga posisi yang kuat di industri pendidikan vokasi dan hospitality di Indonesia.

Joyceline Munthe

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper