Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sejumlah Layanan Jasa Pengiriman GOTO, GoSend Instan hingga Cargo

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) memiliki berbagai layanan jasa pengiriman barang atau logistik.
Seorang pengemudi pengiriman Gojek mengambil pesanan PT Tokopedia di pusat pemenuhan di Jakarta, Indonesia, pada Senin, 12 Desember 2022. - Bloomberg/Dimas Ardian
Seorang pengemudi pengiriman Gojek mengambil pesanan PT Tokopedia di pusat pemenuhan di Jakarta, Indonesia, pada Senin, 12 Desember 2022. - Bloomberg/Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) merupakan perusahaan ekosistem digital berbasis teknologi yang beroperasi di Indonesia, yang dibentuk sebagai penggabungan antara Gojek dan Tokopedia. Dalam ekosistem digitalnya, GOTO juga menjalankan bisnis jasa pengiriman barang.

Dilansir dari Website resmi GoTo Logistics ada beberapa jasa layanan pengiriman yang digunakan dan bekerja sama dengan GOTO dalam melakukan pengiriman kepada pelanggan. Berikut adalah penjelasannya.

Gosend Instant

Layanan ini merupakan sebuah layanan logistik yang dapat digunakan 24 jam selagi driver tersedia. Biasanya waktu tempuh pengantaran paket ke suatu alamat pengiriman adalah 1 – 2 jam setelah paket diambil driver.

Same Day

Pada layanan ini, paket akan diantarkan dalam waktu 6 – 8 jam setelah diambil oleh driver. Biasanya waktu yang ditetapkan untuk memesan pada layanan ini adalah pada pukul 08.00 – 15.00 dan hanya tersedia di daerah jadetabek. Selain itu, Layanan same day juga dapat digunakan sebagai metode pengiriman ketika sedang berbelanja di e commerce.

Next Day

Layanan ini merupkan sebuah sistem pengantaran 1 hari setelah paket berhasil di pesan dan di terima seller. Nantinya paket akan di serahkan ke kurir, dan memiliki waktu kedatangan minimal 1 hari setelah di ambil driver. Waktu pengiriman juga didasarkan oleh kondisi dan keadaan logistik.

Regular

Pada layanan ini, barang yang di pesan akan di jemput oleh driver dalam waktu maksimal 1x24 jam semenjak request pick up. Lama estimasi kedatangan barang atau estimasi pengiriman disesuaikan dengan estimasi yang ada pada halaman transaksinya.

Cargo

Layanan ini merupakan pengantaran barang dengan massa/berat barang yang biasanya lebih dari 50 Kg. biasanya skala yang dimuat dalam satu kali pengantaran merupakan skala pengiriman yang besar. Transportasi yang digunakan dalam mencakup barang ke alamat terkait juga beragam, mulai dari mobil, truk, pesawat, kapal api dan lainnya. Waktu yang di butuhkan untuk pengiriman juga tergantur dari jarak tempuh, serta keadaan dan kondisi sekitarnya.

Sebagai informasi, pada tanggal 7 Mei 2024, emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) telah melakukan divestasi saham lini bisnis logistik, yakni PT Paket Anak Bangsa (PAB) atau GoTo Logistics. Namun, transaksi tidak berdampak kepada layanan GoSend yang saat ini tersedia melalui aplikasi Gojek.

Sekretaris Perusahaan GOTO R. A. Koesoemohadiani menyampaikan bahwa GOTO telah menyelesaikan transaksi penjualan 100% kepemilikan perseroan pada PT Paket Anak Bangsa (PAB), dimana PAB memiliki 2 anak perusahaan yaitu PT Swift Shipment Solutions (SSS) dan PT Swift Logistics Solutions (SLS) pada tanggal 7 Mei 2024.

Menurutnya GOTO juga perlu menyesuaikan prioritas bisnis, meninjau, dan merestrukturisasi bisnis logistik perseroan yang termasuk berbagai bisnis pengiriman (delivery) dan penyelesaian (fulfillment) yang mendukung Tokopedia. (Fasya Kalak Muhammad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper