Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Aksi Divestasi GOTO

Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) GOTO tercatat telah melakukan beberapa divestasi hingga saat ini
Warga berbelanja secara daring menggunakan e-commerce Tokopedia di Jakarta, Minggu (17/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Warga berbelanja secara daring menggunakan e-commerce Tokopedia di Jakarta, Minggu (17/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) melepas kepemilikannya pada PT Paket Anak Bangsa (PAB). GOTO tercatat telah melakukan beberapa divestasi hingga saat ini.

Sebagaimana diketahui, GOTO menuturkan telah menandatangani perjanjian jual beli saham pada 29 April 2024 antara perseroan dan beberapa pihak ketiga sebagai pembeli. GOTO telah mengalihkan 2,43 juta saham di PAB kepada para pembeli, dengan total harga penjualan sebesar Rp14,7 miliar. 

Transaksi penjualan PAB ini telah diselesaikan dan GOTO tidak lagi mengendalikan PAB dan anak-anak perusahaannya, yaitu PT Swift Shipment Solutions dan PT Swift Logistics Solutions. Entitas ini akan didekonsolidasikan dari GOTO. 

Sebagai informasi, sebelumnya GOTO menyampaikan akan melepas GOTO Logistics. GOTO Logistics merupakan merek gabungan dari tiga perusahaan, yaitu PT Paket Anak Bangsa, PT Swift Logistics Solutions, dan PT GoTo Solusi Niaga. 

GOTO melanjutkan, transaksi ini tidak berdampak ke GoSend, layanan pengiriman konsumen ke konsumen yang saat ini tersedia melalui aplikasi Gojek yang merupakan bagian dari segmen bisnis On-Demand Services GOTO. 

GoSend sendiri memiliki dua layanan, yakni sameday di bawah PT Paket Anak Bangsa, dan pengiriman instan di bawah PT Antar Makanan Anak Bangsa. 

Selain PAB, divestasi apa saja yang dilakukan GOTO?

Daftar Divestasi GOTO

Divestasi Saham Alfamart

Pada akhir 2022, GOTO mengumumkan penjualan kepemilikan saham PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (AMRT) senilai Rp1,5 triliun. Meski demikian, GOTO tidak mengungkapkan jumlah saham yang dilepas dan harga jual dari saham AMRT ini. 

GOTO menuturkan Alfamart adalah salah satu peritel terdepan di Indonesia dan merupakan mitra bisnis GOTO yang erat dan memiliki kesamaan visi. GOTO menuturkan akan terus bermitra dengan Alfamart di masa depan. 

Divestasi Tokopedia

Divestasi kepemilikan GOTO di Tokopedia dilakukan pada akhir tahun 2023 lalu. Dalam divestasi ini, GOTO menjual sebanyak 75,01% atau setara 38,19 juta saham Tokopedia ke TikTok.

GOTO menuturkan TikTok harus membayar sebesar US$840 juta atau setara Rp13,18 triliun ke Tokopedia untuk dapat mengambilbagian saham baru tersebut.

GOTO juga menjelaskan tetap memiliki kepemilikan sebesar 24,99% dari Tokopedia yang tidak akan terdilusi lebih lanjut dikarenakan pendanaan di masa depan dari TikTok.

Daftar Aksi Divestasi GOTO

Divestasi GoTo Logistics

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, GOTO melepas PT Paket Anak Bangsa (PAB) atau GoTo Logistics. GOTO telah mengalihkan 2,43 juta saham di PAB kepada para pembeli, dengan total harga penjualan sebesar Rp14,7 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper