Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Segera Meluncur, BEI Ungkap Spesifikasi Single Stock Futures (SSF)

BEI mengungkap spesifikasi Single Stock Futures (SSF) yang rencananya meluncur April atau Mei 2024.
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Rabu (20/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Rabu (20/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan spesifikasi dari instrumen investasi kontrak berjangka saham atau Single Stock Futures (SSF) yang akan segera meluncur dalam waktu dekat ini.

Hal tersebut merujuk pada Surat Keputusan Direksi BEI Nomor Kep00040/BEI/03-2024 tentang Spesifikasi Kontrak Berjangka tentang spesifikasi produk derivatif Single Stock Futures yang mulai berlaku pada Senin (25/3/2024).

Sekretaris Perusahaan BEI Kautsar Primadi Nurahmad mengatakan, kontrak yang diterbitkan mencakup 15 seri efek yang menggunakan 5 saham sebagai underlying. Saham-saham tersebut adalah ASII, BBCA, BBRI, MDKA, dan TLKM.

Menurutnya, beberapa kelebihan yang dimiliki oleh produk Single Stock Futures yaitu investor dapat mengambil posisi beli (long) atau jual (short) suatu saham sehingga dapat memperoleh potensi keuntungan saat harga saham tersebut sedang naik atau turun. 

"Selain itu, dana yang dibutuhkan investor jauh lebih kecil dibandingkan membeli saham secara langsung, karena Single Stock Futures ditransaksikan secara leverage," ujar Kautsar dalam keterangan resmi, Senin (25/3/2024).

Adapun, underlying Single Stock Futures juga merupakan saham-saham konstituen indeks LQ45 yang memiliki likuiditas tinggi dan fundamental yang baik. Periode kontrak SSF pun bervariasi antara 1 hingga 3 bulan.

Beberapa spesifikasi dari produk tersebut di antaranya yaitu ukuran kontrak dari Single Stock Futures sebesar 100 saham, hal ini berarti nilai per satu kontraknya setara dengan 1 lot saham.

Selain itu, kelipatan volume perdagangan adalah per satu kontrak atau satu lot. Sementara itu, persentase auto rejection dan fraksi harga Single Stock Futures mengikuti ketentuan dari harga saham underlying-nya.

Realisasi keuntungan investor didapatkan pun lebih cepat karena Single Stock Futures diselesaikan secara tunai (cash settlement) dalam 1 Hari Bursa (T+1).

Jika tak ada aral melintang, BEI akan meluncurkan Single Stock Futures pada April hingga Mei 2024. Di pipeline BEI, sejauh ini ada 16 anggota bursa (AB) yang menyatakan berminat menjadi AB derivatif untuk perdagangan SSF.

Perlu diketahui, Single Stock Futures nantinya akan diterbitkan oleh BEI bukan oleh anggota bursa. Mekanisme perdagangan SSF akan didukung BEI melalui IDX Solusi Teknologi Informasi.

Terkait waktu perdagangan, Single Stock Futures diperdagangkan secara continuous auction dengan waktu perdagangan sesi I dimulai dari pukul 08.45-12.00 dan sesi II dimulai dari pukul 13.30-16.15 untuk hari Senin hingga Kamis.

Sementara itu, untuk hari Jumat, sesi I dimulai pukul 08.45-11.30 dan sesi II dimulai pukul 14.00-16.15.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper