Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emiten Lo Kheng Hong (NISP) & HTAM Cum Date Dividen Pekan Depan

PT Bank OCBC NISP Tbk. (NISP) milik Lo Kheng Hong dan PT Habco Trans Maritima Tbk. (HATM) akan memasuki periode cum date dividen pekan depan.
PT Bank OCBC NISP Tbk. (NISP) milik Lo Kheng Hong dan PT Habco Trans Maritima Tbk. (HATM) akan memasuki periode cum date dividen pekan depan. Bisnis/Dedi Gunawan
PT Bank OCBC NISP Tbk. (NISP) milik Lo Kheng Hong dan PT Habco Trans Maritima Tbk. (HATM) akan memasuki periode cum date dividen pekan depan. Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Agenda pembagian dividen dari PT Bank OCBC NISP Tbk. (NISP), yang menjadi salah satu portofolio Lo Kheng Hong, dan PT Habco Trans Maritima Tbk. (HATM) akan memasuki periode cum date pekan depan.

Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), yang dikutip pada Sabtu (23/3/2024), NISP menjadwalkan periode perdagangan saham dengan hak dividen alias cum dividend baik di pasar reguler maupun pasar negosiasi pada 26 Maret 2024.

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) NISP telah memutuskan bahwa 40,04% dari laba bersih 2023, yang berjumlah Rp4,1 triliun, sebagai dividen tunai. Artinya, perseroan akan menebar dividen senilai Rp1,65 triliun atau setara Rp72 per saham.

Sementara itu, sebanyak Rp100 juta dari laba bersih tahun lalu akan dimanfaatkan perseroan sebagai cadangan umum. Adapun, sisanya akan digunakan sebagai laba ditahan.

Jika dibandingkan tahun sebelumnya, nilai tebaran dividen NISP mengalami kenaikan sebesar 24,06% secara tahunan. Tahun lalu, perseroan menetapkan 40% dari laba bersih 2022 atau senilai Rp1,33 triliun sebagai dividen tunai.

Kenaikan nilai dividen tersebut juga sejalan dengan kinerja laba yang bertumbuh. NISP tercatat membukukan laba bersih secara konsolidasi sebesar Rp4,1 triliun pada 2023. Capain ini tumbuh 23 year-on-year (YoY) dibandingkan laba 2022 sebesar Rp3,32 triliun.  

Berikut Jadwal Pembagian Dividen OCBC NISP Tahun Buku 2023:

1. Akhir Periode Perdagangan Saham dengan Hak Dividen (Cum Dividen) 

- Pasar Reguler dan Pasar Negosiasi: 26 Maret 2024  

- Pasar Tunai: 28 Maret 2024   

2. Awal Periode Perdagangan Saham Tanpa Hak Dividen (Ex Dividen) 

- Pasar Reguler dan Pasar Negosiasi: 27 Maret 2024   

- Pasar Tunai: 1 April 2024   

3. Tanggal Daftar Pemegang Saham yang berhak atas Dividen (Record Date): 28 Maret 2024   

4. Tanggal Pembayaran Dividen Tunai: 18 April 2024 

Di sisi lain, PT Habco Trans Maritima Tbk. (HATM) mengumumkan pembagian dividen sebesar Rp39,62 miliar kepada pemegang saham. Keputusan ini diambil dalam RUPST yang berlangsung pada 15 Maret 2024 di Jakarta Barat. 

“Pemegang saham telah menyetujui dividend payout ratio sebesar 20%, sehingga total dividen yang akan dibayarkan HATM mencapai Rp39,62 miliar,” ujar Direktur Utama Habco Trans Maritima, Andrew Kam, dalam keterangan tertulis.

Penetapan dividen didasarkan pada laba bersih perusahaan yang mencapai Rp198,17 miliar pada 2023. Oleh karena itu, RUPST memutuskan dividen per saham sebesar Rp5,66 atau meningkat dari Rp4,07 per lembar saham pada tahun sebelumnya.

Menyitir data KSEI, perseroan menjadwalkan cum date dividen pada 25 Maret 2024. Adapun tanggal daftar pemegang saham yang berhak atas dividen berlangsung pada 27 Maret, sementara tanggal efektif dijadwalkan pada 3 April 2024.

Sepanjang tahun lalu, HATM meraih laba bersih sebesar Rp198,17 miliar atau tumbuh 39,05% YoY. Pendapatan perusahaan juga melonjak 55,03% YoY menjadi Rp575,68 miliar, dengan kontribusi terbesar berasal dari segmen pengangkutan yang mencapai Rp566,54 miliar.

_____________

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper