Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indeks S&P 500 dan Nasdaq Turun Tipis Tunggu Data CPI AS Terbaru

Indeks S&P 500 dan Nasdaq turun tipis karena investor mempersiapkan data harga konsumen dan produsen atau consumer price index (CPI) minggu ini
Informasi pasar saham di Nasdaq MarketSite di New York, AS./Bloomberg
Informasi pasar saham di Nasdaq MarketSite di New York, AS./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks S&P 500 dan Nasdaq turun tipis karena investor mempersiapkan data harga konsumen dan produsen atau consumer price index (CPI) minggu ini, yang mereka harap akan memberikan gambaran yang lebih baik tentang kebijakan Federal Reserve dapat mulai memangkas suku bunga pada tahun ini.

Dow Jones Industrial Average (.DJI), naik 46,97 poin, atau 0,12%, menjadi 38.769,66, S&P 500 (.SPX), kehilangan 5,75 poin, atau 0,11%, menjadi 5.117,94 dan Nasdaq Composite (.IXIC), turun 65,84 poin atau 0,41% menjadi 16.019,27.

Volume di bursa AS adalah 10,90 miliar lembar saham, dibandingkan dengan rata-rata 12,06 miliar saham untuk sesi penuh selama 20 hari perdagangan terakhir.

Adapun data harga konsumen AS untuk bulan Februari akan dirilis pada hari Rabu dini hari waktu setempat, dengan ekspektasi kenaikan bulanan sebesar 0,4% dan 3,1% secara tahunan. Laporan harga produsen AS akan dirilis pada hari Kamis.

“Ini cenderung lebih fluktuatif dan tentu saja pasar akan ikut bergerak,” kata Tim Ghriskey, ahli strategi portofolio senior di Ingalls & Snyder di New York. “Pasti ada kubu di luar sana yang mengatakan bahwa kita akan mengalami kembali inflasi – atau ada kemungkinan besar akan hal itu – dan tentu saja ada kubu yang mengatakan kita akan mengalami deflasi, dan hal itu akan memungkinkan The Fed menurunkan suku bunganya. Itu selalu rumit."

Data yang menunjukkan tanda-tanda perekonomian yang kuat memperlambat reli pasar saham bulan lalu karena para pedagang memundurkan ekspektasi mengenai waktu penurunan suku bunga pertama The Fed hingga Juni dari bulan Maret.

Pertemuan penetapan suku bunga The Fed berikutnya akan diadakan minggu depan.

Saham chip memperpanjang penurunan baru ini, dengan Nvidia (NVDA.O), berakhir turun 2%, Advanced Micro Devices (AMD.O), turun 4.3% dan Broadcom (AVGO.O), turun 1.2%.

Saham Equitrans Midstream (ETRN.N), naik tipis 1.5% setelah EQT Corp (EQT.N), mengatakan pada hari Senin bahwa kegagalan telah memutuskan untuk membeli kembali unit sebelumnya dalam kesepakatan semua saham. Saham EQT turun 7,8%.

Jumlah obligasi yang mengalami penurunan melebihi jumlah obligasi yang naik di NYSE dengan rasio 1,07 banding 1; di Nasdaq, rasio 1,45 banding 1 mendukung penurunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Pandu Gumilar
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper