Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arah Saham Sido Muncul (SIDO) jelang Keputusan Dividen 2024

Saham produsen Tolak Angin, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. (SIDO) menguat sepekan terakhir dan masih dalam tren meningkat.
Aktivitas di pabrik pembuatan jamu Sido Muncul./sidomuncul.co.id
Aktivitas di pabrik pembuatan jamu Sido Muncul./sidomuncul.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – Saham PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. (SIDO) menguat selama sepekan terakhir dan diperkirakan masih dalam tren meningkat. Hal ini menyusul keputusan pembagian dividen yang akan ditentukan dalam RUPST April 2024. 

Dari lantai bursa, saham SIDO ditutup menguat 1,63% menuju level Rp625 pada Jumat (24/2/2024). Banderol tersebut mencerminkan kenaikan sebesar 19,05% sepanjang tahun berjalan (year-to-date/YtD) dan 11,61% dalam sepekan terakhir. 

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana menuturkan bahwa secara teknikal, posisi SIDO saat ini masih dalam fase uptrend dan didominasi oleh volume pembelian. Meskipun, sudah cenderung mengecil dan pergerakannya tertahan MA200. 

“Namun, mencermati MACD yang masih berada di area positif dan Stochastic yang masih di area overbought, diperkirakan SIDO akan melanjutkan penguatannya dengan support di level 570 dan resistansi pada 610,” tutur Herditya kepada Bisnis, dikutip Sabtu (24/2/2024). 

Sementara itu, berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), SIDO akan menggelar RUPST pada 3 April 2024 di Semarang, Jawa Tengah. Adapun, pemanggilan rapat baru akan diumumkan perseroan pada 8 Maret mendatang.

Manajemen SIDO menjelaskan para pemegang saham yang berhak menghadiri RUPST adalah mereka yang tercantum dalam Daftar Pemegang Saham di PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada 7 Maret 2023 hingga pukul 16.00 WIB.

Berkaca pada RUPST tahun lalu, manajemen SIDO menyetujui pembagian dividen tunai kepada pemegang saham sebesar Rp1,09 triliun atau setara Rp36,5 per saham. Besaran ini mencerminkan dividen payout ratio 99,13% dari laba bersih perseroan tahun 2022.

Direktur Keuangan SIDO Leonard mengatakan bahwa perseroan biasanya membagikan dividen sebanyak dua kali dalam setahun yang dijadwalkan pada November dan April, dengan rasio dividen di kisaran 85%-90% dari laba bersih.

“SIDO sangat rajin untuk membagikan dividen, biasanya kami membagikan dividen itu di atas 85% atau di atas 90%. Bahkan dua tahun lalu, kalau tidak salah, kami bagikan sampai 100%,” ujar Leonard dalam paparan publik pada akhir November 2023.

Sementara itu, sepanjang tahun 2023, SIDO membukukan laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp950,64 miliar. Perolehan ini turun 13,95% dari periode yang sama tahun lalu, yakni Rp1,10 triliun.

Penurunan laba bersih diakibatkan oleh pelemahan kinerja penjualan yang turun 7,8% year-on-year (YoY) menjadi Rp3,56 triliun pada 2023. Pada saat bersamaan, beban pokok penjualan menurun ke Rp1,54 triliun dibandingkan Rp1,69 triliun pada tahun 2022.

Dengan demikian, Sido Muncul mengakumulasikan laba bruto sebesar Rp2,01 triliun sepanjang tahun lalu. Capaian ini turun dibandingkan tahun 2022 yang mencapai Rp2,16 triliun.

Namun, di tengah kondisi ekonomi yang cukup menantang, perseroan masih mampu mempertahankan pangsa pasar khususnya untuk produk unggulannya yakni Tolak Angin yang menguasai 72% market share hingga akhir 2023.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper