Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IPO Ecocare (HYGN) Oversubscribed 29,38 Kali, Masuk Bursa Hari Ini

PT Ecocare Indo Pasifik Tbk. (HYGN) mengalami kelebihan permintaan saham saat IPO.
PT Ecocare Indo Pasifik Tbk. (HYGN) mengalami kelebihan permintaan saham saat IPO. Bisnis/Himawan L Nugraha
PT Ecocare Indo Pasifik Tbk. (HYGN) mengalami kelebihan permintaan saham saat IPO. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Ecocare Indo Pasifik Tbk. (HYGN) akan resmi melantai di Bursa Efek Indonesia pada Selasa (13/2/2024). Pada saat penjatahan IPO, HYGN mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) sebesar 29,38 kali. 

HYGN akan resmi listing perdana dengan mencatatkan 2,25 miliar lembar saham dengan kapitalisasi pasar sebesar Rp366,12 miliar. HYGN akan menjadi perusahaan ke 17 yang tercatat di BEI pada 2024. 

Pada penawaran umum, berdasarkan fixed allotment atau penjatahan pasti, saham Ecocare Indo Pasifik mengalami total kelebihan permintaan (oversubscribed) hingga 29,38 kali. 

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, total pesanan saham HYGN mencapai 14.898.262.700 lembar saham, dari rencana 252 juta saham atau setara 20,79% dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan setelah penawaran umum perdana.

Dengan harga IPO sebesar Rp145 per saham, MKAP akan mendapatkan dana segar sebesar Rp76,12 miliar.

Selain penawaran saham baru, HYGN juga berencana untuk melaksanakan program Management and Employee Stock Option Plan (MESOP) dengan memberikan opsi pembelian saham kepada manajemen dan karyawan sebanyak-banyaknya 0,60% dari total modal setelah IPO atau sekitar 15,15 juta saham. 

Selanjutnya, HYGN juga akan melaksanakan program Employee Stock Allocation (ESA) dengan mengalokasikan saham sebanyak-banyaknya 1,93% dari jumlah saham yang ditawarkan atau sekitar 10,10 juta saham kepada karyawan. 

Dana yang dihimpun dari IPO ini akan dialokasikan, di antaranya, sekitar 13,50% atau Rp8,8 miliar untuk pembelian gudang di Jalan Raya Cijayanti, Bogor dari pihak afiliasi. Sebanyak 49,20% akan digunakan untuk modal kerja guna mendukung perkembangan melalui berbagai inisiatif. 

Sementara 18,50% akan dialokasikan untuk belanja modal, 10,80% untuk penyetoran modal kepada perusahaan anak, yaitu PT Tukang Bersih Indonesia, dan 8,00% untuk penyetoran modal kepada perusahaan anak, yaitu PT Indocitra Pacific (ICP).

Ecocare merupakan perusahaan jasa pengelolaan dan penyewaan alat-alat higienitas dan sanitasi ruangan beserta produk pendukungnya, serta jasa pengendalian hama dan jasa kebersihan melalui entitas anak.

Jasa pengelolaan yang dimaksud adalah jasa untuk pemasangan, maintenance dan service terhadap produk-produk yang disediakan oleh HYGN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper