Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IPO Startup Topindo Solusi Komunika (TOSK) Dimulai, Harga Awal Rp115-Rp125

Perusahaan startup teknologi PT Topindo Solusi Komunika Tbk. (TOSK) akan melakukan penawaran umum saham perdana atau IPO.
Perusahaan startup teknologi PT Topindo Solusi Komunika Tbk. (TOSK) akan melakukan penawaran umum saham perdana atau IPO. Bisnis/Arief Hermawan P
Perusahaan startup teknologi PT Topindo Solusi Komunika Tbk. (TOSK) akan melakukan penawaran umum saham perdana atau IPO. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan rintisan (Startup) teknologi PT Topindo Solusi Komunika Tbk. (TOSK) akan melakukan penawaran umum saham perdana atau IPO dengan penawaran awal hari ini, Senin (15/1/2024).

TOSK berencana menawarkan sahamnya ke publik dengan melepas sebanyak 875 juta saham atau setara 20% dari modal ditempatkan dan disetor perseroan.

Harga penawaran saham tersebut adalah sebesar Rp115-Rp125 per saham. Dengan demikian, jumlah seluruh nilai penawaran umum adalah sebanyak-banyaknya Rp109,37 miliar.

Jadwal IPO PT Topindo Solusi Komunika Tbk. (TOSK) 

  • masa penawaran awal pada 15-19 Januari 2024,
  • perkiraan tanggal efektif pada 25 Januari 2-24,
  • perkiraan masa penawaran umum pada 29 Januari-1 Februari 2024,
  • perkiraan tanggal penjatahan pada 1 Februari 2024,
  • perkiraan tanggal distribusi saham dan waran seri I pada 2 Februari 2024,
  • perkiraan tanggal pencatatan saham dan waran seri I di BEI pada 5 Februari 2024. 

Dalam prospektusnya, TOSK menyampaikan dengan pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia ini, maka TOSK akan mencatatkan juga seluruh saham biasa sejumlah 3,5 miliar saham. Dengan demikian, jumlah saham yang akan dicatatkan oleh TOSK di BEI seluruhnya adalah 4,37 miliar saham.

Penggunaan Dana IPO

TOSK menjelaskan, dana hasil IPO tersebut sekitar 40% akan digunakan untuk keperluan modal kerja sebanyak 75%, dan 25% untuk pengembangan sistem IT.

Lalu 10% untuk entitas anak TNN untuk keperluan pembelian persediaan produk retail, dan 50% untuk entitas anak TIP.

Bersamaan dengan penawaran umum ini, TOSK juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 262,5 juta Waran Seri I atau sebesar 7,50% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran.

Waran ini akan diberikan kepada setiap pemegang saham yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham TOSK pada tanggal penjatahan secara cuma-cuma.

TOSK menuturkan setiap pemegang 10 saham baru akan memperoleh 3 Waran Seri I. Setiap satu Waran Seri I akan memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli satu saham baru TOSK yang dikeluarkan dalam portepel.

Dana yang diperoleh TOSK dalam pelaksanaan waran seri I ini akan digunakan untuk modal kerja, yaitu utuk pembiayaan kebutuhan operasional sehari-hari. Kebutuhan tersebut antara lain pembelian persediaan, pembayaran gaji karyawan, pengembangan sistem IT, dan biaya umum operasional TOSK.

Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek dari IPO ini adalah PT MNC Sekuritas dan PT Erdhika Elit Sekuritas. 

Profil Topindo Solusi Komunika (TOSK)

Topindo Solusi Komunika adalah perusahaan StartUp yang didirikan pada tahun 2018. TOSK didirikan sebagai pengembangan dari platform Top Pulsa milik Seiko Manito sebagai founder TOSK yang mulanya fokus pada bisnis penjualan pulsa sejak tahun 2009. 

Di tahun 2018 juga TOSK merilis aplikasi TopindoPay sebagai platform untuk memberi lebih banyak peluang bagi semua orang yang tertarik membuka usaha dengan minim modal.

Selanjutnya, di tahun 2019 hingga tahun 2021 TopindoPay mengembangkan fitur dan di aplikasinya seperti produk virtual dan produk FMCG yang dijual secara online. Di periode ini juga TOSK merilis aplikasinya untuk versi Android dan iOS. 

Di tahun 2022, TopindoPay melakukan rebranding dan mengganti nama menjadi Topindoku. Melalui platform Topindoku, TOSK menawarkan produk virtual seperti pulsa, paket data, token, voucher game, tiket perjalanan, pembayaran tagihan, retail, dan lain-lain. 

Target pelanggan utama TOSK adalah para pelaku UMKM seperti warung-warung atau kedai-kedai yang dalam bisnis ini menjadi mitra dari TOSK.

Platform Topindoku tercatat memiliki lebih dari 995.000 downloader di Playstore, 23.500 downloader di App Store, dan memiliki 25 Gerai, serta 66 Top Up Point (TUP) di tahun 2023. Saat ini, Perseroan berdomisili di Kota Singkawang dan jaringan operasi mayoritas tersebar di wilayah Kalimantan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper