Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

The Fed Rem Suku Bunga Wall Street Pesta Pora, Indeks Dow Jones Pecah Rekor

Indeks industri Dow Jones mencapai rekor penutupan tertinggi setelah Federal Reserve (The Fed) mengisyaratkan bahwa kebijakan kenaikan suku bunga menuju akhir
Ketua Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell berbicara dalam konferensi pers setelah pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) di Washington, DC, AS, Rabu (26/7/2023). / Bloomberg
Ketua Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell berbicara dalam konferensi pers setelah pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) di Washington, DC, AS, Rabu (26/7/2023). / Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks industri Dow Jones mencapai rekor penutupan tertinggi pertama sejak Januari 2022 sedangkan S&P 500 dan Nasdaq masing-masing menguat lebih dari 1% pada hari Rabu setelah Federal Reserve mengisyaratkan bahwa kebijakan kenaikan suku bunganya menuju akhir dan melihat biaya pinjaman yang lebih rendah pada 2024.

Dalam pernyataan kebijakannya, The Fed juga mempertahankan suku bunga tetap stabil, seperti yang diharapkan, dan 17 dari 19 pejabat Fed dengan suara bulat memperkirakan bahwa suku bunga kebijakan akan lebih rendah pada akhir tahun 2024.

Saham-saham memperpanjang kenaikan tajam ketika Ketua Fed Jerome Powell mengatakan pada konferensi pers bahwa The Fed “tidak mungkin” menaikkan suku bunga lebih lanjut dan bahwa The Fed “sangat fokus untuk tidak membuat kesalahan dengan mempertahankan suku bunga terlalu tinggi dalam jangka waktu yang lama.”

The Fed sejak Maret 2022 telah menaikkan suku bunga kebijakannya sebesar 525 basis poin sebagai upaya mengendalikan inflasi.

“Pernyataan tersebut memberi tahu kita bahwa The Fed sedang melihat apa yang sudah mulai diabaikan oleh pasar, bahwa inflasi akan kembali normal tanpa resesi,” kata Tom Martin, manajer portofolio senior di Globalt Investments di Atlanta.

"Kami berharap hal ini akan terjadi, tapi kami tidak menyangka akan terjadi."

Indeks blue-chip yang mencapai titik tertinggi pertama sepanjang masa dalam hampir dua tahun menegaskan bahwa indeks telah berada dalam pasar bullish sejak anjlok lebih dari 20% hingga penutupan terendah pada September 2022, menurut definisi umum.

Reli hari ini terjadi secara luas dengan semua sektor utama S&P 500 berakhir lebih tinggi. Sektor real estat (.SPLRCR) dan utilitas (.SPLRCU) yang sensitif terhadap suku bunga S&P 500 masing-masing naik lebih dari 3%, memimpin kenaikan sektor ini. Indeks saham kecil Russell 2000 (.RUT) melonjak 3,5%.

Dow Jones Industrial Average (.DJI) naik 512,3 poin, atau 1,4%, menjadi 37.090,24, S&P 500 (.SPX) bertambah 63,39 poin, atau 1,37%, menjadi 4.707,09 dan Nasdaq Composite (.IXIC) bertambah 200,57 poin, atau 1,38% menjadi 14.733,96.

S&P 500 dan Nasdaq mencapai penutupan tertinggi baru untuk tahun ini. S&P 500 sekarang naik 22,6% untuk tahun ini, sedangkan Nasdaq naik 40,7% pada periode tersebut dan Dow naik 11,9%.

Saham-saham telah meningkat selama berminggu-minggu di tengah pandangan bahwa The Fed kemungkinan akan menaikkan suku bunga dan akan beralih ke penurunan suku bunga tahun depan.

Menyusul pernyataan Fed, suku bunga berjangka AS meningkatkan kemungkinan penurunan suku bunga pada bulan Mei menjadi 90% berbanding 80% tepat sebelum pengumuman tersebut, menurut Fedwatch dari LSEG.

Sebelumnya pada hari ini, data menunjukkan harga produsen AS secara tak terduga tidak berubah pada bulan November di tengah harga barang-barang energi yang lebih murah. Dalam sebuah laporan pada hari Selasa, harga konsumen AS secara tak terduga naik pada bulan November karena penurunan harga bensin lebih dari sekadar diimbangi oleh kenaikan harga sewa.

Melawan tren hari ini, saham Pfizer (PFE.N) turun 6,7% setelah pembuat obat tersebut memperkirakan pendapatan tahun 2024 di bawah ekspektasi Wall Street.

Volume di bursa AS adalah 14,35 miliar lembar saham, dibandingkan dengan rata-rata 11,04 miliar saham untuk sesi penuh selama 20 hari perdagangan terakhir.

Jumlah obligasi yang naik melebihi jumlah obligasi yang menurun di NYSE dengan rasio 7,01 banding 1; di Nasdaq, rasio 3,18 banding 1 menguntungkan saham-saham yang menguat.

S&P 500 membukukan 89 titik tertinggi baru dalam 52 minggu dan 1 titik terendah baru; Nasdaq Composite mencatat 195 titik tertinggi baru dan 147 titik terendah baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper