Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AKR Corporindo (AKRA) Targetkan Laba Naik 15% pada 2024

AKR Corporindo (AKRA) menargetkan pertumbuhan laba 15% pada 2024 ditopang oleh bisnis perdagangan dan distribusi BBM, serta penjualan lahan di KEK JIIPE.
AKR Corporindo (AKRA) menargetkan pertumbuhan laba 15% pada 2024 ditopang oleh bisnis perdagangan dan distribusi BBM, serta penjualan lahan di KEK JIIPE. Bisnis-Rizqi Rajendra
AKR Corporindo (AKRA) menargetkan pertumbuhan laba 15% pada 2024 ditopang oleh bisnis perdagangan dan distribusi BBM, serta penjualan lahan di KEK JIIPE. Bisnis-Rizqi Rajendra

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten distributor BBM, PT AKR Corporindo Tbk. (AKRA) menargetkan pertumbuhan laba bersih hingga 15% tahun depan ditopang oleh bisnis perdagangan dan distribusi BBM, serta penjualan lahan di KEK JIIPE. 

Direktur & Corporate Secretary Suresh Vembu mengatakan AKRA menargetkan pertumbuhan, memperluas operasional bidang perdagangan dan distribusi BBM. Perusahaan juga akan meningkatkan penjualan lahan di JIIPE sekaligus membangun utilitas dan infrastruktur untuk meningkatkan pendapatan berulang.

“Target laba bersih pertumbuhan 12% hingga 15% yoy tahun depan,” kata Suresh dalam keterangan resmi, Senin (11/10/2023). 

Suresh merencanakan bisnis perdagangan dan distribusi dapat tumbuh 6% hingga 8% yoy. Hal tersebut didasari oleh permintaan akan Biosolar dan bahan bakar minyak diperkirakan akan tumbuh di wilayah-wilayah utama termasuk Indonesia Timur sementara permintaan bahan kimia dasar akan didorong oleh smelter.

Kemudian, pendapatan logistik pihak ketiga dianggarkan meningkat secara signifikan dengan investasi pada kapal, truk dan peningkatan efisiensi untuk melayani pasar baru di Indonesia Timur dan pelanggan lainnya.

Selain akan ditopang oleh bisnis perdagangan dan distribusi, pertumbuhan pendapatan AKRA juga akan disokong oleh penjualan tanah di KEK JIIPE. AKRA menargetkan penjualan tanah di 2024 sebesar 130 hektare atau lebih tinggi dibandingkan tahun ini sebesar 90 hektare. 

“Pendapatan utilitas dan pelabuhan di JIIPE akan meningkat secara signifikan pada tahun 2024 dengan industri besar mulai berproduksi,” imbuh Suresh. 

Pada pemberitaan Bisnis sebelumnya, Suresh Vembu mengatakan AKRA akan terus menggenjot ekspansi bisnisnya pada 2024 dengan melakukan penambahan kapal dan pembukaan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) baru. Langkah ini diambil mengingat moncernya prospek bisnis distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) hingga kimia dasar.

Target pertumbuhan laba tersebut sejalan dengan aksi ekspansi oleh AKRA. Suresh menjelaskan sepanjang 2024 nanti, AKRA akan membangun 50 pom bensin lagi dan akab memiliki 15 armada kapal untuk kebutuhan distribusi. 

Hingga saat ini, AKRA telah membuka 50 pompa bensin dengan merek BP-AKR dan mengoperasikan 130 SPBU dan SPBN dengan merek yang sama untuk menjual BBM bersubsidi. 

AKRA akan membangun beberapa SPBU baru, dengan rencana untuk membuka 40 hingga 50 pompa bensin lagi pada tahun 2024. Proyek ini merupakan bagian dari program ambisius AKR untuk membuka sekitar 350 pompa bensin di seluruh Indonesia dalam 5-6 tahun mendatang. 

Selain gencar membuka SPBU dan SPBN baru, AKRA juga aktif menambah jumlah kapal yang dimiliki. Pada keterbukaan informasi terakhir, AKRA baru saja membeli kapal baru melalui anak usahanya sebesar Rp80 miliar.

Suresh melanjutkan dalam waktu 2 hingga 3 bulan ke depan, AKRA akan menambah 2 kapal. Penambahan kapal ini membuat AKRA memiliki 14 kapal pada akhir 2023 dan menjadi 15 armada kapal pada 2024. 

Dia menjelaskan 15 kapal itu akan digunakan untuk transportasi kimia dasar dan BBM dengan kapasitas antara 500 kiloliter hingga 15.000 kiloliter. Armada kapal ini mendukung distribusi barang dari pelanggan ke 18 terminal AKR yang tersebar di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper