Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal Terbaru Rights Issue Emiten Aguan (PANI) Rp10,48 Triliun

Setelah mendapatkan pernyataan efektif OJK, PANI menetapkan tanggal Cum-HMETD rights issue di Pasar Regular dan Negosiasi pada 30 November 2023.
Presiden Direktur PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk. (PANI) Sugianto Kusuma alias Aguan hadir dalam RUPLB yang digelar di Swisshotel Jakarta PIK Avenue, Jumat (15/9/2023). RUPSLB sepakat memberikan lampu hijau kepada PANI untuk menggelar rights issue 8 miliar saham. (Bisnis/Dionisio Damara Tonce).
Presiden Direktur PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk. (PANI) Sugianto Kusuma alias Aguan hadir dalam RUPLB yang digelar di Swisshotel Jakarta PIK Avenue, Jumat (15/9/2023). RUPSLB sepakat memberikan lampu hijau kepada PANI untuk menggelar rights issue 8 miliar saham. (Bisnis/Dionisio Damara Tonce).

Bisnis.com JAKARTA – Emiten kongsi Aguan-Salim PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk. (PANI) menggelar penawaran umum terbatas dalam rangka penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu II (PMHMETD II) atau rights issue dengan nilai Rp10,48 triliun.

Manajemen PANI menjelaskan perseroan menerbitkan 2.097.150.000 saham biasa atas nama dengan nilai nominal Rp100 per saham, atau mewakili 13,42% dari jumlah saham perseroan yang telah ditempatkan dan disetor penuh setelah rights issue. Saham baru tersebut ditawarkan dengan harga pelaksanaan Rp5.000 per saham.

Setiap pemegang saham yang memiliki 200 saham yang namanya tercantum dalam Daftar Pemegang Saham pada 4 Desember 2023 pukul 16.00 WIB berhak atas 31 HMETD II. Sehingga, setiap 1 HMETD II memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli sebanyak 1 saham baru.

“Saham yang ditawarkan pada rights issue ini semuanya adalah saham baru yang dikeluarkan oleh portfoliopPerseroan yang mempunyai hak yang sama dan sejajar termasuk hak untuk mendapatkan dividen dari perseroan,” tulis manajemen PANI, dikutip Rabu (29/11/2023).

PANI telah mendapatkan persetujuan dari para pemegang saham sehubungan dengan HMETD II melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa pada 15 September 2023.

PT Multi Artha Pratama sebagai pemegang saham utama PANI yang memiliki 88,07% saham dari jumlah modal ditempatkan dan disetor dalam perseroan dalam surat pernyataannya 6 November 2023.

Multi Artha Pratama (MAP) menyatakan akan melaksanakan seluruh HMETD yang menjadi haknya dalam PMHMETD II sebanyak 1.846.997.831 saham baru dengan nilai sebesar Rp9.234.989.155.000.

Apabila saham baru yang ditawarkan pada HMETD II tidak seluruhnya diambil bagian, maka sisanya akan dialokasikan secara proposional kepada pemegang saham lain yang menempatkan pesanan mereka.

Selanjutnya, apabila setelah alokasi masih terdapat sisa HMETD II dari nilai yang ditawarkan, maka MAP sebagai pembeli siaga akan mengambil atau membeli semua sisa HMETD II, atau maksimal 250.152.169 saham dengan harga sama dengan harga pengajuan.

PANI akan menggunakan dana hasil rights issue sekitar Rp9,48 triliun untuk pernyertaan saham pada PT Bumindo Mekar Wibawa, PT Cahaya Indah Sentosa, PT Jaya Indah Sentosa, PT Kemilau Karya Utama, PT Karunia Utama Selaras, PT Sumber Cipta Utama, dan PT Sharindo Matratama.

Selanjutnya, sisa Rp990 miliar dana rights issue akan diserap PANI untuk investasi baru perseroan pada PT Panorama Eka Tunggal.

Dalam pemberitaan Bisnis sebelumnya, Presiden Direktur PANI Sugianto Kusuma alias Aguan menegaskan perseroan akan memegang komitmen kepada seluruh pemangku kepentingan dan menjalankan strategi usaha yang telah dirancang baik secara jangka menengah maupun panjang.

Dia juga menyatakan perseroan akan mendorong inovasi dan menciptakan pasar yang optimal di PIK 2 dan profitabilitas yang berkelanjutan tanpa mengorbankan kepercayaan konsumen.

“Saya berharap para pemegang saham dapat melihat pertumbuhan nilai kapitalisasi pasar dan pangsa pasar yang berkelanjutan di setiap periode dan saya sangat optimis dengan prospek bisnis PANI ke depan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia secara umum,” kata Aguan.

Jadwal Rights Issue Pantai Indah Kapuk Dua (PANI):

  • Tanggal RUPSLB: 15 September 2023
  • Tanggal Pernyataan Efektif OJK: 22 November 2023
  • Tanggal Cum-HMETD di Pasar Regular dan Negosiasi: 30 November 2023
  • Tanggal Cum-HMETD di Pasar Tunai: 4 Desember 2023
  • Tanggal Ex-HMETD di Pasar Regular dan Negosiasi: 1 Desember 2023
  • Tanggal Ex-HMETD di Pasar Tunai: 5 Desember 2023
  • Recording Date: 4 Desember 2023
  • Tanggal Distribusi HMETD: 5 Desember 2023
  • Tanggal Pencatatan Saham di BEI: 6 Desember 2023
  • Periode Perdagangan: 6 Desember-12 Desember 2023
  • Distribusi saham HMETD: 8 – 14 Desember 2023
  • Tanggal Terakhir Pembayaran Pemesanan Saham Tambahan: 13 Desember 2023
  • Tanggal Penjatahan Pemesanan Saham Tambahan: 14 Desember 2023
  • Tanggal Pembayaran Penuh oleh Pembeli Siaga: 15 Desember 2023
  • Tanggal Pengembalian Pesanan Saham Tambahan: 15 Desember 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper