Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indosat (ISAT) Resmi Akuisisi Pelanggan MNC Play Rp876,86 Miliar

Indosat (ISAT) menyelesaikan transaksi akuisisi pelanggan MNC Play milik anak usaha PT MNC Vision Networks (IPTV).
Karyawan melayani pelanggan di gerai PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison di Jakarta, Rabu (15/2/2023). Bisnis/Eusebio Chrysnamrti
Karyawan melayani pelanggan di gerai PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison di Jakarta, Rabu (15/2/2023). Bisnis/Eusebio Chrysnamrti

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten telekomunikasi PT Indosat Tbk. (ISAT) resmi mengakuisisi sejumlah pelanggan dari MNC Play milik PT MNC Kabel Mediacom, anak usaha PT MNC Vision Networks Tbk. (IPTV). Nilai transaksi pembelian ini mencapai Rp876,86 miliar.

Chief Legal & Regulatory Officer sekaligus Sekretaris Perusahaan Indosat Reski Damayanti mengatakan pada 15 November 2023, perseroan telah menandatangani Akta Berita Acara Serah Terima dengan MNC Kabel Mediacom, sehubungan dengan penyelesaian transaksi pengalihan pelanggan MNC Play ke Indosat.

“Transaksi ini sebagaimana diatur dalam Perjanjian Pembelian Aset antara Indosat, MNC Kabel Mediacom, PT Asianet Media Teknologi dan Lightstorm Indonesia I Pte Ltd yang sebelumnya ditandatangani pada 24 Oktober 2023,” kata Reski dalam keterbukaan informasi, Jumat (17/11/2023).

Sehubungan dengan transaksi ini, Indosat dan MNC Kabel Mediacom juga telah menandatangani sejumlah perjanjian-perjanjian terkait untuk mendukung pemberian layanan kepada pelanggan MNC Play.

Seperti diketahui, ISAT memiliki ambisi untuk memperkuat bisnis layanan internet rumah. Indosat berusaha memperluas jaringan serat optik dari 400.000 homepass menjadi 1,5 juta homepass, untuk mendorong produk internet rumah mereka HiFi.

HiFi merupakan layanan internet rumah baru milik Indosat yang dapat terhubung dengan 5-7 perangkat dalam satu waktu untuk kecepatan 30 Mbps. Adapun, jika kecepatan dinaikkan menjadi 500 mbps, HiFi dapat terhubung hingga 20 perangkat sekaligus.

Berdasarkan laporan keuangan per akhir September 2023, pendapatan Indosat tercatat naik 8,5% secara tahunan menjadi Rp37,4 triliun hingga kuartal III/2023. Pertumbuhan tersebut ditopang oleh segmen selular yang meraup pendapatan sebesar Rp32,17 triliun atau meningkat sebesar 7,81% secara tahunan (year-on-year/YoY).

Selain segmen selular, pendapatan dari multimedia, komunikasi data, dan internet (MIDI) juga meningkat 10,80% YoY menjadi rp4,53 triliun. Adapun pendapatan dari segmen telekomunikasi tetap mencapai Rp750,57 miliar, naik 26,78% secara tahunan.

Adapun kombinasi dari pertumbuhan pendapatan dan optimalisasi biaya ISAT telah berdampak pada meningkatnya pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) yang sebesar Rp17,46 triliun alias naik 24% YoY. Sementara itu, laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk Indosat mencapai Rp2,7 triliun hingga kuartal III/2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper