Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sawit Sumbermas (SSMS) Raup Penjualan Rp4 Triliun, Saham Ditarget ke Rp1.700

PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) mencetak penjualan senilai Rp4,42 triliun dengan laba bersih Rp513,18 miliar per kuartal III/2023.
Petani membawa kelapa sawit hasil panen harian di kawasan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Rabu (11/5). Bisnis/Nurul Hidayat
Petani membawa kelapa sawit hasil panen harian di kawasan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Rabu (11/5). Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) mencetak penjualan senilai Rp4,42 triliun dengan laba bersih Rp513,18 miliar per kuartal III/2023. Adapun konsensus analis di Bloomberg merekomendasikan beli untuk saham SSMS.

Berdasarkan konsensus data Bloomberg Terminal per 6 November 2023, sebanyak 4 analis atau 100% dari jumlah konsensus merekomendasikan beli saham SSMS.

Beberapa rekomendasi beli atau buy saham SSMS datang dari Yuanta Investment dengan target harga atau target price (TP) di level Rp1.720, dan Phillip Sekuritas Indonesia dengan TP Rp1.700. 

Selain itu, Maybank Investment Banking Group dan Korea Investment And Sekuritas Indonesia juga merekomendasikan buy dengan masing-masing TP di level Rp1.550 dan Rp1.460.

Di sisi lain, SSMS berhasil mencetak penjualan senilai Rp4,42 triliun di tengah terpaan badai El-Nino. Penjualan tersebut ditopang oleh penjualan minyak sawit pada pihak berelasi yang naik menjadi Rp3,99 triliun dari sebelumnya Rp3,60 triliun.

Untuk penjualan inti sawit pada pihak berelasi di periode ini, tercatat Rp159,31 miliar dan penjualan Tandan Buah Segar (TBS) Rp58,71 miliar. Penjualan kepada pihak ketiga untuk minyak inti sawit tercatat Rp202,73 miliar, dan penjualan minyak kelapa sawit Rp7,65 miliar. 

Sementara itu, penjualan Kelompok Usaha kepada pelanggan yang melebihi 10% dari jumlah penjualan adalah kepada PT Citra Borneo Utama Tbk (CBUT) yang merupakan entitas, dengan total 94 persen atau Rp4,15 triliun naik dari periode tahun sebelumnya yang hanya Rp3,93 triliun.

Adapun untuk laba bersih SSMS periode 30 September 2023 terkumpul Rp513,18 miliar. Jumlah ini bisa terbilang besar jika dibandingkan dengan perusahaan sawit lainnya yang sama-sama menghadapi tantangan El-Nino.

Pada sisi neraca, SSMS menekan liabilitas jangka pendek menjadi Rp1,77 triliun per 30 September 2023, dibandingkan periode 31 Desember 2022 yang tercatat Rp2,78 triliun. Liabilitas jangka panjang juga terkontrol di Rp5,05 triliun. Sehingga total liabilitas SSMS turun jadi Rp6,83 triliun dari Rp7,52 triliun. (Daffa Naufal Ramadhan)

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper