Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Komoditas Hari Ini (30/10): Batu Bara Kontrak Desember Menghijau, CPO Mendaki!

Harga batu bara kontak Desember 2023 telah menguat selama dua hari berturut-turut. Harga minyak kelapa sawit (CPO) juga ikut menghijau.
Aktivitas tambang batu bara di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan. - Bisnis/Husnul Iga Puspita
Aktivitas tambang batu bara di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan. - Bisnis/Husnul Iga Puspita

Bisnis.com, JAKARTA - Harga batu bara kontak Desember 2023 telah menguat selama dua hari berturut-turut. Harga minyak kelapa sawit (CPO) juga ikut menguat. 

Berdasarkan data Bloomberg, harga batu bara ICE Newcastle kontrak Desember 2023 menguat 0,40% atau 0,55 poin ke level US$138,25 per metrik ton pada penutupan perdagangan Jumat (27/10/2023). 

Sedangkan dalam periode yang sama harga batu bara ICE Newcastle kontrak November 2023 melemah 0,44% atau 0,60 poin ke level US$134,25 per metrik ton.

Mengutip Reuters, Senin (30/10), India diketahui telah meminta perusahaan-perusahaan listrik mengimpor 6% dari kebutuhan batu bara mereka hingga Maret 2024. Hal ini dikarenakan meningkatnya permintaan listrik dan kurangnya pasokan batu bara dalam negeri. 

Kekhawatiran tersebut diketahui telah meningkat karena stok batu bara yang telah menurun di pembangkit-pembangkit listrik. Adapun, persediaan juga menurun dalam laju tercepat dalam dua tahun terakhir, selama paruh pertama Oktober 2023. 

Kementerian India, dalam suratnya diketahui telah meminta perusahaan-perusahaan untuk mencampurkan batu bara impor dengan batu bara domestik, untuk menjaga stok di tengah konsumsi yang lebih tinggi. 

“Gencos [Perusahaan-perusahaan listrik negara/PLN India] dapat terus meninjau posisi stok mereka dan memilih untuk melakukan pencampuran sesuai persyaratan jika kekurangan pasokan batubara dalam negeri lebih dari 6%.”

Berdasarkan catatan Bisnis, China sebagai konsumen utama batu bara suah bersiap dari jauh-jauh hari dengan produksi domestik dan impor yang mencapai rekor. Harga batu bara China juga menurun menjelang musim dingin yang semakin dekat. 

Menurut Asosiasi Transportasi dan Distribusi Batu Bara China, saat ini sejumlah pembangkit listrik di Negeri Tirai Bambu tersebut hampir selesai mengisi kembali stok mereka menjelang musim dingin dan harga acuan telah turun di bawah 1.000 yuan per ton. Tren penurunan tersebut diproyeksikan berlangsung selama 1 bulan lagi.

“Tidak ada tekanan untuk membeli lebih banyak sampai cuaca menjadi lebih dingin, kemungkinan pada akhir November,” kata Miao Najue, analis di asosiasi tersebut, Rabu (25/10).

Najue melanjutkan bahwa hal tersebut mungkin akan menekan impor dalam dua bulan terakhir pada tahun ini. 

Tim Analis J.P. Morgan juga memprediksi kenaikan harga batu bara akan terbatas memasuki musim dingin 2023.

Harga CPO jelang Musim Hujan

Harga crude palm oil (CPO) atau minyak kelapa sawit untuk kontrak Desember 2023 di bursa derivatif Malaysia menguat 7 poin menjadi 3,738 ringgit per metrik ton. Sementara, untuk kontrak November 2023 juga menguat 4 poin menjadi 3,675 ringgit per metrik ton.

Mengutip Reuters, harga minyak kelapa sawit Malaysia pada Jumat (27/10) naik selama tiga sesi berturut-turut. Hal ini didukung oleh kekuatan pasar minyak nabati China yang mendorong harga, meskipun permintaan membatasi potensi kenaikan harga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper