Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Metrodata Electronics (MTDL) Cetak Laba Bersih Rp401,8 Miliar Kuartal III/2023

Metrodata Electronics (MTDL) membukukan laba bersih Rp408 miliar hingga kuartal III/2023.
Presdir Metrodata Electronics Susanto Djaja. Bisnis/Abdurachman
Presdir Metrodata Electronics Susanto Djaja. Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA — PT Metrodata Electronics Tbk. (MTDL) membukukan penurunan pendapatan, tetapi dengan laba bersih yang meningkat selama 9 bulan 2023.

MTDL mencatatkan pendapatan bersih sebesar Rp15,11 triliun pada 9 bulan 2023. Pendapatan bersih ini menurun 0,44% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp15,18 triliun.

Sementara itu, beban pokok pendapatan MTDL mencapai Rp13,84 triliun, turun 1,15% secara tahunan atau year on year (YoY) dari Rp14 triliun. Turunnya beban pokok pendapatan ini membuat laba kotor MTDL meningkat 7,95% menjadi Rp1,26 triliun, dari Rp1,17 triliun.

Laba bersih MTDL juga meningkat 8,18% menjadi Rp401,8 miliar, dari sebelumnya Rp371,4 miliar secara tahunan.

Presiden Direktur MTDL Susanto Djaja mengatakan diversifikasi produk dan layanan TIK, serta basis pelanggan yang besar dan loyal membuat MTDL bisa bertumbuh secara berkelanjutan.

"Sebagai pemain lama di industri TIK, MTDL berhasil mempertahankan hubungan jangka panjang dengan customer hingga menambah customer base baru, menunjukkan bahwa solusi dan produk yang ditawarkan MTDL relevan dengan tren perubahan teknologi yang sangat cepat," kata Susanto dalam keterangan resminya, Rabu (25/10/2023).

Dia melanjutkan unit bisnis Distribusi MTDL berhasil mencapai sejumlah pencapaian penting, termasuk meningkatkan pangsa pasar, memperbaiki tingkat persediaan barang, sehingga dapat meningkatkan laba bersih.

Segmen konsumer yang sempat melambat di awal tahun 2023, mengalami perbaikan yang signfikan sehingga membukukan kenaikan pendapatan sebesar 23,9% QoQ. Sedangkan segmen commercial konsisten membukukan pertumbuhan seiring dengan kenaikan kebutuhan TIK dari pelaku bisnis, sehingga membukukan pertumbuhan yang solid sebesar 22,0% QoQ dan 5,6% YoY.

Direktur MTDL Randy Kartadinata mengatakan pada kuartal III/2023, unit bisnis solusi dan konsultasi MTDL mencatatkan kenaikan laba bersih yang sangat solid yaitu 19,8% YoY, dengan nilai pendapatan sebesar Rp4,4 triliun, naik 22,9% YoY.

Adapun unit bisnis distribusi membukukan kenaikan laba bersih sebesar 2,3% YoY, dengan pendapatan sebesar Rp11,4 triliun, terkoreksi 4,0% YoY. Secara keseluruhan, pada Kuartal III/2023 MTDL membukukan laba bersih sebesar Rp402 miliar, meningkat 8,2% YoY, dengan total pendapatan konsolidasi tercatat stabil di kisaran Rp15 triliun.

“MTDL optimis bahwa kebutuhan akan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) akan terus berkembang, dan perusahaan siap untuk mengambil peran penting dalam pertumbuhan berkelanjutan ini,” ujar Randy.

Adapun ke depannya MTDL melihat ekonomi Indonesia masih memiliki tantangan, dengan kurs rupiah terhadap dolar AS yang terus mengalami pelemahan selama lima bulan terakhir.

"Namun, kami tetap optimis dan berhati-hati, dimana exposure terhadap mata uang asing kami adalah sekitar 20% dari total penjualan dan kami juga melakukan hedge. Kami berharap di akhir tahun masih tetap meraih pertumbuhan laba bersih sekitar 8% dibanding akhir tahun 2022,” tutur Randy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper