Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 5 News BisnisIndonesia.id: Investor di Saham MBMA hingga Jokowi Upacara HUT RI di IKN

Gerak para investor individu di saham Merdeka Battery (MBMA) hingga keyakinan Presiden Jokowi rayakan HUT RI di IKN Nusantara.
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Selasa (19/9/2023). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Selasa (19/9/2023). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Aksi ‘bongkar muatan’ saham, belum lama ini dilakukan oleh dua investor individu berstatus kakap di tubuh PT Merdeka Battery Materials Tbk. (MBMA). Kedua investor tersebut adalah Garibaldi ‘Boy’ Thohir dan Winato Kartono.

Sekedar informasi, Boy Thohir yang juga merupakan pemegang saham dari perusahaan induk dari MBMA yakni PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA). Adapun, belum lama ini Boy Thohir tercatat melakukan aksi lego saham MBMA dengan jumlah yang mencapai ratusan juta lembar.

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat, transaksi saham MBMA itu dilakukan oleh saudara kandung Erick Thohir tersebut pada 21 September 2023 lalu. Kala itu, Boy Thohir melepas sebanyak 292,23 juta lembar saham perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan nikel untuk bahan baku baterai kendaraan listrik tersebut.

Alhasil, total kepemilikan saham Boy Thohir menyusut menjadi 10,174 miliar lembar saham. Begitu pula dengan persentasenya yang juga susut dari 9,69 persen menjadi 9,42 persen.

Berita tentang saham MBMA menjadi salah satu berita pilihan BisnisIndonesia.id hari ini, Minggu (24/9/2023). Selain berita tersebut, beragam kabar ekonomi dan bisnis yang dikemas secara mendalam dan analitik juga tersaji dari meja redaksi BisnisIndonesia.id. Berikut ulasannya:

 

Memacu Realisasi Komitmen Investasi Proyek Pionir di IKN

Presiden Joko Widodo kembali melanjutkan groundbreaking proyek swasta di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yakni hotel berbintang yang dibangun Vasanta Group pada Sabtu (23/9/2023). Hotel ini merupakan hotel kedua di IKN setelah Hotel Nusantara yang dibangun oleh Agung Sedayu Group dan Sinarmas.

Jokowi mengatakan pemerintah ingin menunjukkan kepada dunia bahwa pembangunan IKN juga melibatkan peran dunia usaha. Diharapkan pembangunan Hotel Vasanta bisa menjadi motor percepatan proyek IKN, melengkapi berbagai proyek garapan swasta lain yang sudah mulai dibangun sebelumnya, seperti Hotel Nusantara, National Training Center, hingga Rumah Sakit Abdi Waluyo Nusantara.

“Pada pagi hari ini kembali kita melakukan groundbreaking untuk pembangunan Hotel Vasanta,” ujarnya dikutip Sabtu (23/9/2023).

Dia meminta Badan Otorita IKN untuk terus menggenjot percepatan pembangunan sejumlah proyek yang diinisasi oleh pihak swasta lainnya.

 

Energi Baru Industri Minerba Dalam Negeri

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) resmi menerbitkan peraturan menteri ihwal rencana kerja dan anggaran biaya (RKAB) pertambangan mineral dan batu bara. Keputusan ini diyakini memberi dampak positif bagi industri dalam negeri.

Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang dimaksud adalah Permen No. 10/2023 tentang Tata Cara Penyusunan, Penyampaian, dan Persetujuan Rencana Kerja dan Anggaran Biaya Serta Tata Cara Pelaporan Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara per 11 September 2023.

Di dalam peraturan baru ini, Menteri ESDM Arifin Tasrif mengubah aturan RKAB untuk tahapan kegiatan operasi produksi pertambangan Minerba.

 

Akrobat Para Investor Individu di Saham Merdeka Battery (MBMA)

Bulan lalu, MBMA tercatat menyuntik modal senilai US$200 juta atau setara Rp3,06 triliun kepada anak usahanya, PT Merdeka Tsingshan Indonesia (MTI). Modal tersebut akan diserap MTI untuk proyek acid, iron & metal (AIM) di Morowali, Sulawesi Tengah.

MBMA bersama MTI menandatangani perjanjian pinjaman utang piutang pada 15 Agustus 2023. Berdasarkan pinjaman, MBMA sebagai kreditur sekaligus sebagai perusahaan pengendali MTI, sepakat untuk memberikan dana pembiayaan hingga US$200 juta ditambah SOFR dan margin 5,26 persen per tahun.

Setelah transaksi, MTI diharapkan dapat menjalankan kegiatan usaha bisnisnya secara lebih efisien. Pada akhirnya secara tidak langsung juga meningkatkan kinerja keuangan MBMA.

“MTI dapat menggunakan dana pembiayaan yang diberikan oleh MBMA untuk membiayai sebagian kebutuhan belanja modal MTI yang timbul dari pembangunan Proyek AIM I,” kata Sekretaris Perusahaan MBMA Deny Greviartana Wijaya dalam keterbukaan informasi di BEI, dikutip Senin (21/8/2023).

 

Persaingan Sengit Pengembang Kakap Garap Ceruk Hunian Tangerang

Koridor barat Jakarta tepatnya koridor Tangerang menjadi salah satu kawasan yang paling favorit dalam pencarian rumah. Hal ini membuat para pengembang kakap berkumpul dan bersaing secara ketat di kawasan Tangerang. Sebut saja Sinar Mas Land, PT Summarecon Agung Tbk (SMRA), Paramount Land, PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI), PT Lippo Karawaci Tbk (LPCK), PT Jaya Real Property Tbk (JRPT), Swan City, dan PT Ciputra Development Tbk (CTRA). 

Senior Advisor Research Knight Frank Indonesia Syarifah Syaukat mengatakan kawasan Tangerang memiliki peminat tersendiri bagi masyarakat yang bekerja di Jakarta atau pun Serang sebagai Ibu Kota Banten. Selain itu, produk hunian yang tersedia di kawasan itu umumnya memiliki segmen yang beragam dan luas, dengan potensi pengembangan, serta investasi yang cukup besar.

Adapun, saat ini hunian di bawah Rp2 miliar masih menjadi penggerak transaksi properti di Tangerang, sehingga produk yang berada dalam range tersebut memiliki keunggulan dari aspek harga.

“Wilayah Tangerang memang memiliki peminat sendiri, karena juga banyak kawasan industri dan dekat dengan bandara,” ujarnya kepada Bisnis, Sabtu (23/9/2023).

 

Ambisi & Keyakinan Jokowi HUT Kemerdekaan RI 2024 Digelar di IKN

Presiden Joko Widodo optimistis dengan target penyelenggaraan HUT RI ke-79 dapat dilaksanakan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada 2024 mendatang. Keoptimisan tersebut karena sejumlah proyek infrastruktur telah menunjukkan progres yang signifikan.

Adapun salah satunya pembangunan Kantor Presiden atau Istana Presiden di IKN telah mencapai 38 persen. Presiden Jokowi mengatakan pembangunan sejumlah infrastruktur yang ada di IKN tersebut masih sesuai dengan perencanaan. Apabila dilihat secara keseluruhan, maka semua pembangunan masih sesuai dengan rencana mulai dari kantor presiden, istana presiden, bangunan untuk kementerian dengan perkembangan yang sudah mencapai 40 persen.

Jokowi juga optimistis bahwa pelaksanaan Upacara Peringatan Kemerdekaan Ke-79 Indonesia dapat terlaksana di IKN pada tahun depan atau 17 Agustus 2024. Istana Presiden di IKN ini memiliki kapasitas 2 kali lebih besar dibandingkan di Jakarta yakni sekitar 8.000 orang.

“Ini merupakan progres yang baik dan proses pembangunan masih sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Ini [Istana Presiden] nanti akan hijau semuanya bisa dipakai untuk upacara 17 Agustus kurang lebih untuk kapasitas 8.000 orang,” ujarnya dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, dikutip Sabtu (23/9/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper