Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Catat! Berikut Cara Beli dan Daftar 30 Mitra Distribusi SR019

Cermati cara beli dan daftar 30 mitra distribusi SR019 dengan masa penawaran yang berlangsung pada 1-20 September 2023.
Nasabah sedang melakukan transaksi pembelian Sukuk Ritel SR013 melalui kantor cabang BNI Syariah, Jumat (28/8)./bnisyariahrn
Nasabah sedang melakukan transaksi pembelian Sukuk Ritel SR013 melalui kantor cabang BNI Syariah, Jumat (28/8)./bnisyariahrn

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) resmi merilis sukuk ritel seri SR019 dengan masa penawaran yang berlangsung pada 1-20 September 2023. 

Mengutip informasi dari laman resmi Dirjen Pengelolaan, Pembiayaan, dan Risiko (DJPPR), SR019 diterbitkan dalam dua seri pada satu waktu, yaitu untuk tenor tiga tahun dan lima tahun. 

Untuk tenor tiga tahun atau SR019-T3, tingkat kupon yang ditawarkan ialah sebesar 5,95 persen dengan waktu jatuh tempo pada 10 September 2026. Sementara untuk tenor lima tahun atau SR019-T5 memiliki tingkat imbal hasil sebesar 6,10 persen dengan waktu jatuh tempo pada 10 September 2028. 

Para investor dapat membeli jenis Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ini melalui 30 mitra distribusi (midis) yang terdiri atas bank konvensional dan syariah, perusahaan efek, perusahaan fintech peer-to-peer-lending, hingga perusahaan efek khusus.

Adapun, SR019 dapat dibeli minimal satu unit dengan harga per unitnya sebesar Rp1 juta. Pemesanan maksimal untuk SR019-T3 ialah sebesar Rp5 miliar, dan pemesanan maksimal sebesar Rp10 miliar untuk tenor lima tahun. 

Sukuk ritel sendiri merupakan salah satu produk investasi yang dapat dipilih oleh Warga Negera Indonesia (WNI), terutama bagi para investor yang memiliki preferensi syariah. 

"Sukuk Ritel dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi) gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI)," tulis DJPPR Kemenkeu dalam laman resmi dikutip Senin (4/9/2023). 

Selain itu, beberapa keuntungan lain yang akan diperoleh investor SR019 adalah tingkat imbalan yang tetap, imbalan yang dibayar setiap bulan, hingga tingkat imbalan yang lebih tinggi dari rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN.

Berikut adalah tata cara melalui 30 mitra distribusi SR019:

1.  Calon investor melakukan pendaftaran melalui masing-masing sistem elektronik yang telah disediakan oleh mitra distribusi. 

2. Setelah masuk ke sistem elektronik masing-masing midis, calon investor diminta untuk memasukkan informasi seperti data, diri, nomor single investor identification (SID), nomor rekening dana, serta nomor rekening surat berharga.

3. Jika registrasi berhasil, calon investor dapat langsung melakukan pemesanan SR019 selama masa penawaran berlangsung 

4. Setelah pemesanan diverifikasi, sistem akan mengirimkan kode pembayaran (billing code) kepada calon investor melalui e-mail maupun SMS. Hal ini disesuaikan dengan kebijakan dari masing-masing midis. 

5. Calon investor menggunakan kode pembayaran untuk penyetoran dana investasi melalui bank persepsi (teller, ATM, internet banking, mobile banking) dalam batas waktu yang ditentukan. 

6. Jika pembayaran berhasil, maka calon investor akan mendapatkan Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) dan pemberitahuan 'completed order' serta akan memperoleh alokasi SR019 pada tanggal setelmen atau penerbitan. 

30 Mitra Distribusi SR019

1. Bank BCA

2. Bank Negara Indonesia (BNI) 

3. Bank Mandiri 

4. Bank Permata 

5. Bank Rakyat Indonesia (BRI) 

6. Bank BTN 

7. Maybank 

8. OCBC NISP 

9. Bank HSBC 

10. Bank DBS 

11. Panin Bank 

12. Bank CIMB Niaga 

13. Bank Danamon 

14. Commonwealth Bank 

15. UOB Bank 

16. Bank Syariah Indonesia (BSI)

17. Bank Mega 

18. Bank Muamalat 

19. Standard Chartered Bank 

20. Mandiri Sekuritas 

21. Trimegah Sekuritas 

22. Bahana Sekuritas 

23. Bina Artha Sekuritas 

24. Philip Sekuritas Indonesia

25. BRI Danareksa  

26. Bareksa

27. Tanamduit 

28. Fundtastic 

29. Investree

30. Modalku 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper