Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Humpuss Maritim (HUMI) Tetapkan Harga IPO Rp100 per Saham

PT Humpuss Maritim Internasional Tbk. (HUMI) menetapkan harga pelaksanaan penawaran umum saham perdana atau IPO senilai Rp100 per saham.
PT Humpuss Maritim Internasional Tbk. (HUMI) menetapkan harga pelaksanaan penawaran umum saham perdana atau IPO senilai Rp100 per saham. /hits.co.id
PT Humpuss Maritim Internasional Tbk. (HUMI) menetapkan harga pelaksanaan penawaran umum saham perdana atau IPO senilai Rp100 per saham. /hits.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Entitas Grup Humpuss di sektor pelayaran, PT Humpuss Maritim Internasional Tbk. (HUMI) menetapkan harga pelaksanaan penawaran umum saham perdana atau IPO senilai Rp100 per saham. HUMI rencananya akan melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 9 Agustus 2023. 

HUMI akan melepas sebanyak-banyak 2,7 miliar saham baru atau 15 persen dari modal yang ditempat dan disetor penuh setelah IPO. Harga pelaksanaan ditetapkan Rp100 per saham dengan nilai nominal Rp100. Sebelumnya, HUMI memberikan penawaran awal Rp100-Rp150 per saham. Oleh karena itu, HUMI berpotensi meraih dana IPO Rp270,70 miliar.

Adapun 10 persen dana segar yang diperoleh dari penawaran umum saham perdana akan digunakan untuk kebutuhan modal kerja perseroan dalam rangka memenuhi kebutuhan operasional rutin. 

Lalu 90 persen dana lainnya akan digunakan untuk memperkuat equity dalam rangka pengembangan usaha entitas anak perseroan, yakni PT Humpuss Transportasi Curah, PT MCS Internasional, PT ETSI Hutama Maritim, PT OTS Internasional, serta PT PCS Internasional.

Sementara itu, Direktur Utama HUMI Tirta Hidayat menilai IPO sebagai langkah strategis perusahaan untuk terus meningkatkan pertumbuhan bisnis dan kinerja keuangan. 

Perseroan diharapkan dapat memperoleh pendapat yang meningkat hingga 20 persen dari target semula. Dia pun optimistis bahwa HUMI akan melampaui target tersebut pada akhir 2023.

Bersamaan dengan IPO, Humpuss Maritim juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 1.353.500.000 waran seri I atau sebesar 7,5 persen dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka IPO ini disampaikan.

Waran Seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham yang ditawarkan pada tanggal penjatahan. Setiap pemegang 2 saham yang ditawarkan berhak memperoleh 1 waran seri I, di mana setiap 1 Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 saham perseroan yang dikeluarkan dari portepel dengan harga pelaksanaan sebesar Rp200 setiap Waran Seri I.

Jadwal IPO PT Humpuss Maritim Internasional (HUMI)

  • Tanggal Efektif: 31 Juli 2023 
  • Masa Penawaran Umum Perdana Saham: 2 – 7 Agustus 2023 
  • Tanggal Penjatahan: 7 Agustus 2023 
  • Tanggal Distribusi Saham Secara Elektronik: 8 Agustus 2023 
  • Tanggal Pencatatan di BEI: 8 Agustus 2023 
  • Tanggal Awal Perdagangan Waran Seri I: 9 Agustus 2023 
  • Tanggal Akhir Perdagangan Waran Seri I di Pasar Reguler dan Negoisasi: 5 Agustus 2026 
  • Tanggal Akhir Perdagangan Waran Seri I di Pasar Tunai: 7 Agustus 2023 
  • Awal Pelaksanaan Waran Seri I: 9 Februari 2024 
  • Akhir Pelaksanaan Waran Seri I: 7 Agustus 2026

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper