Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Strategi Aguan Capai Marketing Sales PANI Rp2,13 Triliun di 2023

Presiden Direktur PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk (PANI) Sugianto Kusuma alias Aguan beberkan strategi untuk capai target marketing sales Rp2,13 triliun di 2023.
Sugianto Kusuma alias Aguan (berdiri) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk. (PANI) di Jakarta, Senin (19/6). Istimewa
Sugianto Kusuma alias Aguan (berdiri) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk. (PANI) di Jakarta, Senin (19/6). Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Direktur PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk. (PANI) Sugianto Kusuma alias Aguan membeberkan strategi agar perseroan dapat mencapai target penjualan pemasaran atau marketing sales senilai Rp2,13 triliun untuk 2023.

Sebagai tonggak awal, Aguan menuturkan PANI telah mengakuisisi lahan strategis seluas 762 hektare yang terletak di PIK 2 pada 2022. Perseroan juga berkomitmen mengupayakan agar target prapenjualan tahun 2023 terpenuhi 100 persen hingga akhir tahun.

“Saya mendorong terus inovasi cemerlang untuk menciptakan pasar yang optimal di PIK 2 dan profitabilitas yang berkelanjutan tanpa mengorbankan kepercayaan konsumen,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (24/7/2023).

Melalui upaya itu, dia berharap para pemegang saham dapat melihat pertumbuhan nilai kapitalisasi pasar yang berkelanjutan di tiap periode. 

“Dan saya sangat optimistis dengan prospek bisnis PANI ke depan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia secara umum,” katanya.

Sebagai informasi, Emiten properti kongsi Aguan-Salim tersebut telah mencetak pendapatan prapenjualan alias marketing sales sebesar Rp1,1 triliun pada semester I/2023.

Jumlah tersebut telah memenuhi 53 persen dari target yang ditetapkan perseroan sepanjang tahun ini sebesar Rp2,13 triliun. Capaian prapenjualan tersebut, sebagian besar disumbangkan oleh kavling tanah komersial, produk-produk komersial termasuk ruko dan rukan, SOHO, gudang, serta diikuti penjualan residensial.

Wakil Direktur Utama PANI Alexander Halim Kusuma menambahkan, pihaknya juga akan meluncurkan beberapa hotel baru yang ditargetkan terealisasi pada 2025. Adapun sejauh ini PIK 2 mengelola hampir 20 hotel.

“Ada beberapa hotel yang lagi upcoming. Saya tidak tahu sudah sign atau tanda tangan sama siapa, tapi pasti sudah ada 3 hotel yang akan dibangun di sana [PIK 2],” ujar Alexander belum lama ini.

Lebih lanjut, dia mengatakan PANI akan lebih fokus untuk menggarap produk perumahan residensial termasuk untuk produk rumah residensial komersial. PANI juga berencana untuk membangun rumah milenial dengan harga yang lebih terjangkau.

Akan tetapi, dia masih enggan untuk menyebutkan apa saja produk unggulan dari PANI. Hal ini lantaran pihak PANI masih mematangkan setiap portofolio yang dimilikinya sebelum dipasarkan.

“Terus terang itu masih digodok. Belum di market,” tuturnya.

Dia pun optimistis PANI dapat mencatatkan kinerja yang moncer meski dihadapkan situasi seperti Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Menurutnya, Agung Sedayu Group (ASG) selaku salah satu induk PANI sudah terbiasa dengan siklus dari Pemilu 2024.

Sementara itu, kinerja PANI pada kuartal II/2023 mencapai Rp602 miliar. Perolehan tersebut menggambarkan pertumbuhan sebesar 13 persen secara kuartalan (quarter-on-quarter/QoQ).

Di lantai bursa, saham PANI pada sesi pertama perdagangan hari ini (24/7), terpantau turun 2,33 persen menuju level Rp1.675 per saham. Kendati demikian, saham perseroan melesat 76,32 persen sepanjang tahun berjalan dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar Rp22,66 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper