Crude Oil, Investasi Pilihan Untuk Menambah Penghasilan

Disebut sebagai emas hitam, minyak merupakan komoditas dengan persediaan terbatas dan permintaan yang tinggi.
Foto: Crude Oil, Investasi Pilihan Untuk Menambah Penghasilan
Foto: Crude Oil, Investasi Pilihan Untuk Menambah Penghasilan

Bisnis.com, JAKARTA - Tahukah kamu bahwa minyak mentah adalah komoditi pilihan favorit para investor & trader? Disebut sebagai emas hitam, minyak merupakan komoditas dengan persediaan terbatas dan permintaan yang tinggi. Hampir semua orang di dunia menggunakan minyak  sebagai sumber energi mereka. 

Sama seperti hal nya emas, minyak mentah atau Crude oil juga mengalami pergerakan harga yang fluktuatif. Oleh karena itulah banyak trader menyukai asset ini karena memiliki potensi keuntungan yang besar.

Trading minyak melalui kontrak berjangka bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan kemudahan jual-beli tanpa harus memiliki minyak secara fisik. Namun kamu perlu pelajari juga cara trading minyak agar memberikan profit, pahami peluang dan risikonya  serta tetap disiplin dalam strategi trading yang diterapkan.

  

Histori Pergerakan Harga Crude oil 

Sejarah mencatat harga minyak naik pesat dari 2004-2008. Dalam kurun waktu tersebut, pertumbuhan ekonomi mendorong permintaan minyak hingga melebihi kapasitas produksi. Harga minyak secara historis cukup fluktuatif. Hal ini disebabkan oleh peristiwa-peristiwa politik yang dapat mengganggu pasokan minyak dan mendorong kenaikan harga. Di sisi lain, penurunan ekonomi dapat mengurangi permintaan energi dan menekan harga serta krisis keuangan global.

Crude Oil, Investasi Pilihan Untuk Menambah Penghasilan

Saat dan pasca pandemi COVID-19, harga minyak turun hampir 40% dalam tiga bulan. Pada kuartal pertama tahun 2022, akibat invasi Rusia ke Ukrainia harga minyak melejit 216% dari level terendah saat pandemi.

Peluang Keuntungan dari Naik Turunnya Harga Minyak

Trading minyak dan gas bisa memberikan peluang keuntungan yang jauh lebih tinggi dibandingkan aset-aset lainnya dan analisa bisa dibilang relatif lebih ‘simple’. 

Sama seperti produk lainnya di pasar berjangka terdapat two ways opportunities atau peluang dua arah. Artinya orang yang melakukan trading (trader) dapat memperoleh keuntungan ketika harga minyak mentah sedang naik ataupun sedang turun, asal posisi yang diambil sudah tepat.

Ketika harga minyak sedang naik maka posisi yang diambil adalah beli (long), sementara jika harga minyak sedang turun maka posisi yang diambil adalah jual (short). Ketika posisi yang diambil short dan harga minyak mentah jatuh seperti yang terlihat dalam histori/chart di atas, maka cuan yang didapat pun menjadi jumbo. Tetapi yang patut diingat, trading di pasar berjangka termasuk dalam kategori high risk high return, sehingga potensi cuan sebanding dengan risiko ruginya.

Berikut beberapa tips untuk trading crude oil atau minyak mentah:

  • Melakukan analisis pasar
  • Memiliki strategi trading yang jelas
  • Menentukan jumlah investasi
  • Menentukan timeframe trading
  • Melakukan manajemen risiko yang baik 
  • Mengikuti berita dan perkembangan pasar 
  • Gunakan Stop Loss dan Take Profit 
  • Berlatih dengan akun demo & mengasah kemampuan trading 

Yang tak kalah penting juga, investor atau trader harus memilih pialang berjangka yang legal, memiliki reputasi baik dan menawarkan fasilitas trading yang aman dan transparan,

Kelebihan & Keuntungan Trading Crude Oil/Minyak Mentah 

Volatilitas Tinggi  Minyak dunia diperdagangkan dalam jumlah besar dan memungkinkan harga berubah dalam hitungan detik. Ini memberikan peluang besar bagi investor untuk menghasilkan keuntungan yang signifikan dalam waktu singkat. 
Pasar Global yang Aktif  Perdagangan minyak adalah salah satu pasar paling aktif di dunia. Pasar ini terbuka selama 24 jam, sehingga investor memiliki peluang untuk bertransaksi kapan saja. 
Cara Investasi yang Mudah  Investor atau trader dapat mengakses pasar minyak dengan mudah melalui platform ataupun aplikasi trading online. Hal ini memungkinkan untuk memantau harga minyak secara real-time dan memasuki pasar dengan mudah. 
Tidak selalu memerlukan modal besar   Investor atau trader dapat memulai transaksi dengan modal yang terjangkau dan bisa meningkatkannya seiring waktu.  

Keuntungan lainnya dari trading oil adalah fleksibilitas, seperti di Valbury. Dengan fitur Dynamic Leverage, kamu bisa mendapatkan daya trading lebih besar dengan jumlah modal yang sama, jadi potensi profit kamu pun meningkat. Selain itu, tersedia juga berbagai pilihan tipe akun yang bisa kamu pilih.

Kamu bisa mulai latihan menggunakan akun demo yang tersedia di aplikasi Valbury. Dilengkapi dana virtual mulai $10,000, kamu bisa trading oil dengan berbagai strategi di market real-time. Tertarik untuk mencoba dan memanfaatkan momentum pergerakan harga minyak? Download & buka akun di Aplikasi Valbury yang tersedia di Google Playstore dan App Store.

Disclaimer : Perdagangan Berjangka komoditi memiliki peluang keuntungan dan resiko kerugian yang tinggi. Apabila anda hendak berinvestasi dalam perdagangan berjangka, anda terlebih dahulu harus mengerti dan memahami kegiatan perdagangan berjangka serta isi Perjanjian dan Peraturan Perdagangan.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper