Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emiten Grup Bakrie (VKTR) Bakal Desain Bus & Truk Listrik Bareng ITB

Emiten grup Bakrie, PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk. (VKTR) menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam rangka pengembangan desain bus dan truk listrik.
Jajaran Komisaris dan Direksi PT VKTR Teknologi  Mobilitas Tbk. (VKTR) (Bisnis/ Rizqi Rajendra) 
Jajaran Komisaris dan Direksi PT VKTR Teknologi  Mobilitas Tbk. (VKTR) (Bisnis/ Rizqi Rajendra) 

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten kendaraan listrik grup Bakrie, PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk. (VKTR) menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam rangka pengembangan desain bus dan truk listrik.

Direktur Utama VKTR Gilarsi W. Setijono menjelaskan kerja sama ditandai dengan penandatanganan untuk membuka House of Design di Gedung Science and Techno Park (STP) Ganesha ITB, Bandung, Jawa Barat.

"Kendaraan listrik, khususnya bus dan truk listrik, merupakan bagian dari masa depan yang ramah lingkungan. Desain yang modern, dinamis, dan futuristik diperlukan, tetapi tetap memperhatikan aspek keselamatan dan kenyamanan. Kami yakin bersama ITB, kami mampu mewujudkannya," ujar Gilarsi dalam acara penandatanganan, Jumat (14/7/2023).

Gilarsi menambahkan bahwa desain bus dan truk listrik memerlukan persiapan dan riset yang matang, serta komunikasi yang intens dengan berbagai pihak, termasuk pihak karoseri. Sebagai contoh, bus listrik memiliki baterai dengan bobot yang lebih berat, sehingga desainnya harus disesuaikan dengan kebutuhan karoseri dalam membangun bodi kendaraan.

"Kami berharap House of Design ini dapat menghasilkan desain yang tidak hanya bernilai estetik, tetapi juga mengadopsi teknologi aerodinamis tingkat tinggi agar bodi kendaraan yang dihasilkan dapat menghemat energi," tambah Gilarsi.

Adapun, Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan ITB Muhamad Abduh menjelaskan House of Design akan menjadi co-working space antara VKTR dan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB.

Tim yang terlibat dalam proyek ini terdiri dari para alumni FSRD ITB yang memiliki pengalaman dalam teknik desain kendaraan listrik. Lembaga ini juga akan menjadi laboratorium bagi mahasiswa jurusan terkait di FSRD ITB.

"Kami bersyukur dapat berkontribusi dan ambil bagian dalam rangkaian proyek kendaraan masa depan ini. Ini merupakan sumbangsih kami bagi Indonesia. Sebagai institusi pendidikan terkemuka di Tanah Air, kami berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target peningkatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia," ujarnya.

Sebagai perusahaan yang fokus dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik segmen heavy mobility di Indonesia, VKTR pun terus memperluas pengembangan pabrik melalui berbagai kemitraan.

Sebagai contoh, emiten yang baru saja melantai di bursa (IPO) pada medio Juni 2023 ini pun telah melakukan ekspansi dengan mengembangkan fasilitas pabrik perakitan unit bus dan truk listrik di Magelang, Jawa Tengah. Fasilitas produksi ini merupakan hasil kerja sama antara VKTR dan Tri Sakti, melalui perusahaan patungan bertajuk PT VKTR Sakti Industries.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper