Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Hari Ini Cenderung Mixed, Pilih Saham CLEO, ENRG & EXCL

Ajaib Sekuritas memprediksi IHSG hari ini cenderung bergerak mixed dalam kisaran 6.730 – 6.780.
Karyawan melintas di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di PT Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Selasa (18/5/2021). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan melintas di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di PT Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Selasa (18/5/2021). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bergerak menguat terbatas ke posisi 6.780 pada perdagangan hari ini, Jumat (7/7/2023). 

Financial Expert Ajaib Sekuritas Ratih Mustikoningsih menjelaskan pada perdagangan sebelumnya IHSG ditutup menguat sebesar 0,57 persen atau naik 38,35 poin di level 6.757,33.  

"IHSG hari ini diprediksi bergerak mixed dalam range 6.730 – 6.780," katanya dalam riset harian, dikutip Jumat. 

Katalis pergerakan IHSG tersebut salah satunya datang dari Bank Indonesia (BI) menaikkan merchant discount rate (MDR) atau tarif Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) bagi pedagang usaha mikro menjadi 0,3 persen per 1 Juli 2023. Sebelumnya, MDR QRIS usaha mikro ditetapkan 0 persen yang diperpanjang hingga 30 Juni 2023. 

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyatakan biaya MDR QRIS yang dikenakan untuk mengganti investasi dan biaya operasional yang telah dikeluarkan oleh penyedia jasa pembayaran (PJP), lembaga switching, lembaga servis dan lembaga standar. Jika dirincikan, MDR yang ditetapkan untuk usaha kecil, usaha menengah, dan usaha besar adalah sebesar 0,7 persen. 

"Sementara untuk merchant kategori khusus seperti Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), Badan Layanan Umum (BLU), dan Public Service Obligation (PSO) sebesar 0,4 persen," jelasnya. 

Dari mancanegara, pesanan baru untuk barang-barang manufaktur di Amerika Serikat (AS) pada Mei 2023 naik 0,3 persen dibandingkan bulan sebelumnya, tetapi jauh dari ekspektasi pasar sebesar 0,8 persen. 

Permintaan di sektor transportasi tetap menjadi pendorong utama pertumbuhan manufaktur di AS. Pendorong utama masih dipegang oleh pesawat komersil dan juga kapal laut. 

Sementara itu, Surplus neraca perdagangan Australia melebar menjadi AU$11,79 miliar pada Mei 2023. Rilis tersebut lebih tinggi dari surplus pada April 2023 sebesar AU$10,45 miliar yang merupakan surplus terendah dalam delapan bulan terakhir. 

"Ekspor Australia tumbuh sebesar 4,4 persen MoM menjadi AU$57,77 miliar, dimana ekspor emas non-moneter mengalami pertumbuhan tertinggi," imbuh Ratih. 

Adapun beberapa saham pilihan Ajaib Sekuritas untuk hari ini adalah:

  1. CLEO
    Buy : Rp630
    TP : Rp650
    Stop loss : Secara teknikal CLEO dalam trend penguatan jangka pendek dalam scenario pembentukan cup and handle pattern untuk menguji resisten golden ratio fibonacci rasio 0.618. Hal ini juga tercermin dari peningkatan volume selama sepekan terakhir.
  2. ENRG
    Buy : Rp224
    TP : Rp232
    Stop loss : Pada perdagangan terakhir ENRG membentuk long body candle, bertahan diatas rata-rata 20 hari disusul penguatan dari sisi volume serta MACD histogram pada area positif yang didukung momentum goldencross dari MACD line.
  3. EXCL
    Buy: Rp2.040
    TP: Rp2.100
    Stop loss: Struktur pergerakan EXCL saat ini dalam skenario pembentukan inverted head and shoulder, bertahan dalam major trend sidewaysnya dan berpotensi kembali menguji resisten psikologis sejalan dengan peningkatan volume dan oscillator pada area oversold.

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper