Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Emas Hari Ini, Senin 26 Juni 2023, Terdorong Waswas Resesi

Harga emas hari ini berpotensi menguat seiring dengan kekhawatiran risiko resesi global mengalahkan sentimen hawkish The Fed.
Harga emas hari ini berpotensi menguat seiring dengan kekhawatiran risiko resesi global mengalahkan sentimen hawkish The Fed. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Harga emas hari ini berpotensi menguat seiring dengan kekhawatiran risiko resesi global mengalahkan sentimen hawkish The Fed. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Live Timeline

Bisnis.com, JAKARTA - Harga emas hari ini berpeluang menguat seiring dengan kekhawatiran risiko resesi global mengalahkan sentimen hawkish suku bunga The Fed. 

Pada perdagangan Senin (26/6/2023) pukul 08.05 WIB, harga emas spot naik 0,3 persen atau 5,81 poin menjadi US$1.927,01 per troy ounce. Harga emas Comex kontrak Agustus 2023 meningkat 0,37 persen atau 7,1 poin menuju US$1.936,7 per troy ounce.

Laporan Monex Investindo Futures menyebutkan harga emas rebound pada hari Jumat (23/6/2023) karena prospek pertumbuhan global berada di bawah ancaman karena kelanjutan pengetatan kebijakan oleh bank-bank sentral telah mendorong kekhawatiran akan resesi.

"Namun, secara luas harga emas masih tetap tertekan oleh kenaikan suku bunga dari Bank of England dan sinyal hawkish Federal Reserve mendorong kekhawatiran akan kondisi moneter yang lebih ketat," papar Monex.

Harga logam mulia diperdagangkan pada level terendah tiga bulan, setelah akhirnya keluar dari kisaran perdagangan yang ketat yang terlihat selama sebulan terakhir, meskipun ke sisi negatifnya.

Prospek untuk logam mulia juga meredup setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell menegaskan dalam kesaksian di depan Kongres bahwa bank sentral dapat menaikkan suku bunga setidaknya dua kali lagi tahun ini, karena inflasi AS terus berada di dua kali lipat dari kisaran target Fed.

Prospek kenaikan suku bunga menjadi pertanda buruk bagi emas, mengingat bahwa mereka mendorong biaya peluang untuk memegang emas batangan.

Pasar memposisikan lebih dari 70 persen kemungkinan Fed akan menaikkan suku bunga pada bulan Juli, dan telah mengakhiri sebagian besar taruhan untuk penurunan suku bunga tahun ini.

Disesi Asia hari ini, harga emas berpotensi bergerak naik karena didukung prospek pertumbuhan global berada di bawah ancaman karena kelanjutan pengetatan kebijakan oleh bank-bank sentral telah mendorong kekhawatiran akan resesi.

Dari dalam negeri, harga emas 24 karat di Pegadaian terpantau stagnan untuk cetakan Antam dan cetakan UBS pada Senin (26/6/2023). Termurah cetakan UBS 0,5 gram dihargai Rp548.000.

Berdasarkan informasi dari laman resmi Pegadaian, harga emas Antam 24 karat ukuran terkecil yakni 0,5 gram dibanderol seharga Rp589.000, atau tidak berubah dibandingkan harga kemarin, Minggu (25/6/2023).

Sementara itu, emas cetakan UBS 24 karat dengan ukuran yang sama dibanderol Rp548.000, sama dengan harga kemarin.

Simak pergerakan harga emas hari ini secara live.

14:17 WIB
Harga emas kompak naik

Pukul 14.11 WIB, harga emas spot naik 0,21 persen atau 4,05 poin menjadi US$1.925,25 per troy ounce.

Harga emas Comex kontrak Agustus 2023 meningkat 0,15 persen atau 2,8 poin menuju US$1.932,4 per troy ounce.

11:09 WIB
Harga emas Antam dan Pegadaian beda arah

Harga emas Antam dan Pegadaian beda arah hari ini. Cek selengkapnya di tautan berikut.

Harga emas Antam

Harga emas Pegadaian


Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper