Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produsen Plastik Panca Budi Idaman (PBID) Terima Penghargaan Bisnis Indonesia Award 2023

PT Panca Budi Idaman Tbk. (PBID) menerima penghargaan dalam ajang penganugerahan Bisnis Indonesia Award (BIA) 2023 pada hari ini, Rabu (31/5/2023)
Kantong plastik merk Tomat, salah satu produk PT Panca Budi Idaman Tbk. (PBID). Istimewa
Kantong plastik merk Tomat, salah satu produk PT Panca Budi Idaman Tbk. (PBID). Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten produsen plastik PT Panca Budi Idaman Tbk. (PBID) menerima penghargaan dalam ajang penganugerahan Bisnis Indonesia Award (BIA) 2023 pada hari ini, Rabu (31/5/2023).

PBID menjadi perusahaan terbaik untuk kategori Wadah dan Kemasan. Mereka berhasil mengungguli tiga kandidat lainnya yakni PT Alkindo Naratama Tbk. (ALDO, PT Trias Sentosa Tbk. (TRST), dan PT Indopoly Swakarsa Industry Tbk. (IPOL).

PBID sendiri membukukan penjualan bersih senilai Rp1,22 triliun pada kuartal I/2023. Penjualan bersih ini turun 1,79 persen dibandingkan kuartal I/2022 yang sebesar Rp1,24 triliun.

Demikian pula dengan laba bersih PBID yang turun 14,24 persen menjadi Rp100,2 miliar di kuartal I/2023, dari Rp117,12 miliar secara tahunan atau year on year (yoy).

Untuk memperbaiki kinerja ini, Direktur Utama PBID Vicky Taslim menuturkan perusahaannya akan mendorong penjualan di kuartal II/2023 dan kuartal III/2023, sambil berharap permintaan di pasar membaik.

Sebagai informasi, penurunan kinerja PBID ini juga terjadi secara tahun penuh 2022. Pada 2022, PBID mencatatkan peningkatan penjualan 13,26 persen secara tahunan di 2022 menjadi Rp5,03 triliun, dari Rp4,44 triliun di 2021.

Akan tetapi, laba bersih PBID turun 14,75 persen menjadi Rp3,52 triliun, dari Rp4,13 triliun secara tahunan akibat naiknya beban pokok penjualan. Vicky menjelaskan salah satu alasan penurunan laba bersih ini adalah inflasi dan pelemahan mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

Adapun untuk tahun ini. PBID menargetkan peningkatan pendapatan usaha sebesar 10-15 persen. Pihaknya optimistis PBID dapat meningkatkan pencapaian kinerja perusahaan, seiring dengan pemulihan situasi global. 

Bisnis Indonesia Award merupakan apresiasi Bisnis Indonesia kepada dunia usaha yang mampu menjaga pertumbuhan positif, terutama saat pandemi Covid-19 melanda 3 tahun lalu.

Pandemi dalam tiga tahun terakhir menciptakan kondisi yang tak mudah bagi perusahaan untuk bertahan dan berakselerasi. Oleh karena itu, dengan mengusung tema Bertumbuh di Era Baru, Bisnis Indonesia ingin memberikan penghargaan  kepada dunia usaha yang mampu menjaga pertumbuhan positif selama periode 3  tahun.

Perusahaan penerima penghargaan Bisnis Indonesia Award 2023 dipilih berdasarkan penilaian Dewan Juri yang terdiri dari Prof. Wimboh Santoso, SE., M.Sc. Ph.D., Ketua Dewan Komisioner OJK 2017-2022; Prof. Mardiasmo, M.B.A., Ph.D., Wakil Menteri Keuangan 2014-2019; Lulu Terianto, Presiden Direktur PT Jurnalindo Aksara Grafika; Rivan Kurniawan, Direktur PT Indovesta Utama Mandiri; dan Doni Firdaus, Direktur PT Bahana TCW Investment Management.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper