Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Laris, Laba Metland (MTLA) Menanjak 11 Persen Maret 2023

PT Metropolitan Land Tbk. (MTLA) atau Metland pada kuartal I/2023 mencatatkan pendapatan usaha sebesar Rp322,4 miliar atau tumbuh sebesar 30 persen year on year
Jajaran komisaris dan jajaran direksi PT Metropolitan Land Tbk. berpose usai rapat umum pemegang saham tahunan 2020, Rabu (17/11/2021)./metland
Jajaran komisaris dan jajaran direksi PT Metropolitan Land Tbk. berpose usai rapat umum pemegang saham tahunan 2020, Rabu (17/11/2021)./metland

Bisnis.com, JAKARTA – PT Metropolitan Land Tbk. (MTLA) atau Metland pada kuartal I/2023 mencatatkan pendapatan usaha sebesar Rp322,4 miliar atau tumbuh sebesar 30 persen year on year (YoY) sebesar Rp248,2 miliar.

Naiknya pendapatan ikut mengerek laba bersih Metland pada 2023 mencapai Rp68,6 miliar atau meningkat 11 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp61,3 miliar.

“Pendapatan [Metland] MTLA dari dua segmen utama pendapatan yaitu penjualan residensial maupun pendapatan berulang mengalami peningkatan,” jelas Olivia Surodjo, Direktur PT Metropolitan Land Tbk.

Penjualan residensial Metland (MTLA) sebesar Rp203,8 miliar naik 33 persen sementara itu perolehan pendapatan berulang sebesar Rp118,6 miliar atau naik 26 persen YoY. Proyek berjalan seperti Metland Cyber Puri dan Metland Cibitung menjadi penyumbang terbesar pada pendapatan penjualan Perseroan di kuartal I tahun 2023.

“Metland menggenjot penjualan sejak awal tahun mengejar momen sebelum lebaran mengantisipasi berbagai kondisi ekonomi yang dapat mempengaruhi penjualan di semester II,” tambah Olivia.

Selain itu, nilai aset Metland pada kuartal 1/2023 tercatat Rp6,7 triliun angka ini turun dari Rp6,74 triliun di 31 Desember 2022, penurunan ini disebabkan penurunan liabilitas jangka pendek dari Rp1,43 triliun menjadi Rp1,27 triliun.

Selain itu, Metland (MTLA) menambah satu unit usaha baru yaitu Hotel Horison Ume Suites & Villas Ubud yang berlokasi di Bali. Hotel Horison Ume Suites & Villas Ubud merupakan hotel bintang 5 pertama yang dimiliki dan dikelola MTLA, dan dilengkapi fasilitas Ume Coffee & Dining Resto dan Day Club yang akan mulai dioperasionalkan mulai kuartal II tahun 2023.

Metland (MTLA) juga meneruskan pengembangan proyek residensial berjalan seperti Metland Cyber Puri yang tengah kembali memasarkan cluster The Northbend tahap 3, Metland Cibitung juga kembali memasarkan cluster Havana tahap 2 dan Metland Cileungsi yang mempersembahkan produk terbarunya tipe Senna yang berada didalam cluster The Colony.

Selain itu, Metland (MTLA) tengah mempersiapkan dua proyek residensial baru salah satunya Metland Cikarang yang direncanakan akan mulai penjualan pada semester II tahun 2023. Tahun 2023 MTLA menargetkan marketing sales yang terdiri dari pre sales dan recurring revenue sebesar Rp1,8 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper