Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Efek Kenaikan Suku Bunga AS, Harga Minyak Kembali Melesat

Harga minyak naik sekitar dua persen ke level tertinggi dalam satu minggu terakhir akibat pelemahan dolar AS setelah Federal Reserve AS menaikkan suku bunga.
Kilang minyak lepas pantai di Skotlandia/Bloomberg-Jason Alden
Kilang minyak lepas pantai di Skotlandia/Bloomberg-Jason Alden

Bisnis.com, JAKARTA - Harga minyak naik sekitar dua persen ke level tertinggi dalam satu minggu terakhir akibat pelemahan dolar AS setelah Federal Reserve AS menaikkan suku bunga.

Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei terangkat 1,23 dolar AS atau 1,77 persen menjadi di 70,90 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Mei bertambah 1,37 dolar atau 1,82 persen, menjadi ditutup pada 76,69 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange. Itu adalah penutupan tertinggi untuk kedua harga acuan minyak mentah sejak 14 Maret.

The Fed menaikkan suku bunga sebesar seperempat persentase poin, tetapi mengindikasikan bahwa bank hampir menghentikan kenaikan lebih lanjut dalam biaya pinjaman di tengah gejolak baru-baru ini di pasar keuangan yang dipicu oleh runtuhnya dua bank AS.

"Kenaikan suku bunga 25 poin hari ini oleh Fed tidak memberikan kejutan tetapi bahasa yang menyertainya mendorong beberapa peningkatan selera risiko yang dengan mudah tumpah ke ruang minyak," analis di perusahaan konsultan energi Ritterbusch and Associates mengatakan kepada pelanggan dalam sebuah catatan dikutip dari Antara, Kamis (23/3/2023).

Dolar AS jatuh ke level terendah sejak 2 Februari terhadap sekeranjang mata uang lainnya, mendukung permintaan minyak karena membuat minyak mentah lebih murah bagi pembeli yang menggunakan mata uang lain.

Pasar minyak mengabaikan data mingguan Badan Informasi Energi AS (EIA) yang menunjukkan stok minyak mentah naik 1,1 juta barel pekan lalu ke level tertinggi 22 bulan.

Para analis dalam jajak pendapat Reuters memperkirakan penarikan 1,6 juta barel. Tetapi data resmi EIA menunjukkan kenaikan yang lebih kecil dari kenaikan 3,3 juta barel yang dilaporkan pada Selasa (21/3/2023) oleh American Petroleum Institute (API), sebuah kelompok industri.

"Kami hanya memiliki banyak minyak mentah dalam penyimpanan dan itu tidak akan hilang dalam waktu dekat," kata Bob Yawger di Mizuho.

Stok minyak mentah AS telah meningkat sejak Desember, meningkatkan persediaan ke level tertinggi sejak Mei 2021. Persediaan bensin dan sulingan, sementara itu, turun minggu lalu lebih dari perkiraan para analis.

Harga WTI dan Brent pekan lalu turun ke level terendah sejak 2021 di tengah kekhawatiran gejolak sektor perbankan dapat memicu resesi global dan memangkas permintaan minyak. Penyelamatan darurat Credit Suisse Group AG selama akhir pekan membantu menghidupkan kembali harga minyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper