Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASDP Indonesia Tunda Rencana IPO, Simak Penyebabnya

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyebut rencana aksi penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) tahun ini kembali urung dilakukan.
Foto udara suasana di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Senin (12/9/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Foto udara suasana di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Senin (12/9/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA -  PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyebut rencana aksi penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) tahun ini kembali urung dilakukan, Hal itu, lantaran belum ada arahan dari Menteri Badan Usaha Milik Rakyat (BUMN) Erick Thohir.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin menuturkan perusahaan pelat merah jasa penyeberangan perairan tersebut tidak akan melanjutkan rencana melantai di Bursa Efek Indonesia. “IPO ditunda, tidak jadi tahun ini,”  tutur Shelvy kepada Bisnis dikutip Sabtu (18/3/2023).

Hal ini lantaran, ASDP sebagai perusahaan pelat merah belum mendapatkan jatah untuk IPO tahun ini. “Karena sesuai arahan dari Menteri BUMN, tidak termasuk prioritas IPO,” tambah Shelvy. 

Salah satu perusahaan pelat merah yang tahun ini dapat jatah untuk melakukan IPO adalah PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) yang telah digelar pada bulan Februari lalu.Lalu akan disusul oleh PT Pertamina Hulu Energy (PHE) yang juga dikabarkan mendapat jatah IPO tahun ini.

Seperti diberitakan Bisnis sebelumnya, Di antara BUMN dan entitas afiliasinya, sejumlah perusahaan yang sudah menyatakan minat dan tengah mempersiapkan diri untuk IPO di antaranya terdapat PT Pertamina Geothermal Energy, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Pupuk Kaltim, PT Perkebunan Nusantara III (Persero), hingga PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum).

Lantaran, ASDP yang sempat merencanakan aksi penawaran umum perdana atau IPO tahun 2022, urung dilakukan. Sembari menunggu IPO, ASDP akan mengejar progres akusisi sejumlah perusahaan penyeberangan. 

"Kemarin kami sempat mau berencana tahun ini, tetapi ada beberapa BUMN juga yang memang mau IPO. Pemegang saham punya skala prioritas,jadi kami diminta unutk persiapkan tahun depan," ujar Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi kepada Bisnis Indonesia beberapa waktu lalu. 

Ira juga mengungkap saat ini ASDP tengah dalam progres akuisisi sejumlah perusahaan penyeberangan. Oleh sebab itu, target IPO yang diundur jadi tahun depan diharapkan bisa memberi ASDP waktu lebih banyak untuk mempersiapkan akuisisi lebih matang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Widya Islamiati
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper