Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra International (ASII) Kasih Kisi-kisi Dividen Tahun Ini

PT Astra International Tbk. (ASII) berjanji akan tetap menjaga pembagian dividen tahun ini.
Menara Astra./Istimewa
Menara Astra./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Astra International Tbk. (ASII) berjanji akan tetap menjaga pembagian dividen tahun ini.

Penjualan kendaraan bermotor roda empat PT Astra International Tbk. (ASII) tumbuh 14,55 persen secara tahunan pada Januari 2023. Seiring kinerja positif, emiten konglomerasi ini juga terkenal loyal dalam membagikan dividen ke pemegang saham. 

Head of Investor Relations ASII Tira Ardianti mengatakan perseroan secara konsisten mendistribusikan dividen tunai dari laba bersih setelah pajak kepada pemegang saham. Hanya saja Tira tidak memperinci lebih jauh soal pembagian dividen perseroan tahun ini.

“Perseroan secara konsisten mendistribusikan kepada pemegang saham dividen tunai dari laba bersih setelah pajak,” kata Tira kepada Bisnis, Selasa (14/2/2023).

Menurut dia pembagian dividen akan mempertimbangkan kondisi keuangan, profitabilitas, biaya modal, investasi dan kebutuhan kas untuk menunjang kegiatan operasional. 

Dia menegaskan keputusan pembagian dividen nantinya akan bergantung pada keputusan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan. Tira mengatakan ASII tidak menerapkan kebijakan pembayaran dividen tertentu.

Lebih lanjut, Tira menjelaskan ASII akan terus memberikan beragam pilihan kendaraan bagi konsumen Indonesia mulai dari kendaraan ICE hingga EV, sebagai salah satu strategi untuk lini bisnis otomotifnya. 

“Untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat yang beragam terkait transportasi dan mobilitasnya. Tidak hanya dari sisi produk, Grup otomotif Astra juga berkomitmen untuk terus memperkuat pelayanan dan jaringan purna jualnya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen,” katanya.

Sebelumnya, penjualan kendaraan roda empat dari lini bisnis PT Astra International Tbk. (ASII) mencatatkan kinerja positif pada 2023. Sepanjang Januari 2023 ASII mencatatkan penjualan mobil sebanyak 50.755 unit.

Penjualan tersebut mencatatkan pertumbuhan sebesar 14,55 persen secara tahunan (yoy) dibanding periode yang sama pada 2022 lalu yang sebanyak 44.308 unit.

Berdasarkan data dari ASII, penjualan kendaraan ditopang oleh Toyota dan Lexus sebanyak 28.996 unit, diikuti Daihatsu 18.194 unit, Isuzu 3.338, UD Trucks 212 dan Peugeot 15.

Head of Corporate Communication Astra International Boy Kelana Soebroto berharap tren positif ini dapat terus terjadi sepanjang 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Pandu Gumilar

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper