Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intip Resep 5 Produk Reksa Dana Saham Tercuan 2022, Return Kalahkan IHSG

Reksa dana saham dengan kinerja terbaik pada tahun 2022 mencatat return hingga 40 persen
Warga mengakses informasi tentang reksa dana di Jakarta, Rabu (6/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Warga mengakses informasi tentang reksa dana di Jakarta, Rabu (6/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Kinerja produk-produk reksa dana saham masih terpantau positif jelang akhir tahun 2022. Performa positif tersebut bahkan berada di atas penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Berdasarkan data dari pasardana.id pada Kamis (29/12/2022), reksa dana saham dengan return tertinggi hingga 28 Desember 2022 adalah Panin Dana Ultima dengan kinerja 40 persen secara year-to-date (ytd). Kenaikan tersebut jauh di atas IHSG yang sejauh ini menguat sekitar 3,45 persen sepanjang tahun berjalan.

Jika dikulik lebih jauh, produk reksa dana dari Panin Asset Management tersebut mayoritas diisi oleh saham–saham perbankan seperti BBCA, BBNI, dan BBRI. Selain itu, sektor saham seperti pertambangan juga masuk dalam portofolio produk ini seperti PTBA dan BUMI.

Menyusul di belakang Panin Dana Ultima adalah Panin Dana Maksima dengan return ytd sebesar 30,38 persen. Produk Panin Dana Maksima juga mayoritas diisi oleh saham–saham sektor keuangan seperti PNBN, PANS, PNLF, BMRI, dan BBRI.

Kemudian, saham lain seperti BUMI, ADRO, dan DLTA juga mengisi portofolio Panin Dana Maksima. Produk ini juga memiliki Deposito Deutsche Bank AG pada portofolionya.

HPAM Ekuitas Syariah Berkah menempati urutan ketiga dengan return ytd sebesar 26,73 persen. Produk reksa dana dari Henan Putihrai Asset Management ini diisi oleh saham SHID, BELL, MPMX, BRPT, dan MSIN.

Selanjutnya, saham PRDA, AKRA, SSIA, TPIA, dan AGII juga mengisi produk HPAM Ekuitas Syariah Berkah.

Produk Star Sustainable Equity menempati peringkat keempat dengan return 23,99 persen ytd. Mayoritas saham yang masuk pada produk ini juga berasal dari sektor perbankan, diantaranya BBCA, BMRI, BBNI, dan BBRI.

Produk dari PT Surya Timur Alam Raya (STAR) Asset Management ini juga diisi oleh saham seperti UNVR, TLKM, TOWR, MAPI, dan EMTK.

Pada peringkat kelima, Sucorinvest Saham Dinamis mencatatkan return positif sebesar 23,76 persen ytd. Reksa dana ini diisi oleh saham seperti BBTN, BDMN, ASII, SMRA, dan BISI.

Saham–saham lain yang mengisi produk dari Sucorinvest Asset Management ini adalah UNVR, PGAS, MFIN, KBLI, dan BUMI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper