Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Pentingnya Analisis Fundamental Saham bagi Investor Pemula

Analisis fundamental merupakan proses mengumpulkan dan mengolah informasi untuk mengukur nilai intrinsik sekuritas dengan cara memeriksa faktor finansial.
PanenSaham Sekuritas Indonesia menggelar edukasi saham pada Sabtu (17/12/2022) di Bukittinggi mengusung tema “Dengan Mudah, Anda Bisa Memulai Investasi Saham”/Dok.PanenSaham
PanenSaham Sekuritas Indonesia menggelar edukasi saham pada Sabtu (17/12/2022) di Bukittinggi mengusung tema “Dengan Mudah, Anda Bisa Memulai Investasi Saham”/Dok.PanenSaham

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi investor pemula yang ingin berinvestasi di pasar modal, terdapat tiga hal yang harus diperhatikan sebelum membeli saham. Tiga hal utama itu yakni mengetahui profil risiko, menentukan tujuan investasi, dan menentukan jumlah investasi.

CEO PanenSaham Sekuritas Indonesia Anthony menjelaskan dalam menentukan perusahaan mana yang ingin dijadikan pilihan investasi, perlu juga untuk mengetahui terlebih dahulu fundamental dari perusahaan, mencari atau meminta nasihat kepada pialang, broker atau investor profesional, serta memahami analisis teknikal atau fundamental saham.

"Karena dalam berinvestasi, analisis fundamental sangat berpengaruh dalam memperbesar keuntungan," jelas dia dalam keterangan resmi, Minggu (23/12/2022). 

Analisis fundamental, lanjutnya, merupakan proses mengumpulkan dan mengolah informasi yang ada untuk mengukur nilai intrinsik sekuritas dengan cara memeriksa faktor finansial serta keuangan yang terkait dengan emiten di bursa saham.

Menurutnya, top-down approach merupakan salah satu pendekatan yang seringkali digunakan dalam proses analisis fundamental saham. Pendekatan tersebut dilakukan dengan cara memeriksa kondisi makro, sektoral, dan mikro perusahaan secara kualitatif dan kuantitatif.

Analisis fundamental saham banyak digunakan oleh investor yang memilih investasi jangka panjang dan swing atau position trader. Dalam memilih transaksi saham yang cocok, analisis fundamental saham dapat dijadikan salah satu acuan untuk dapat memilih perusahaan yang tepat.

"Analisis fundamental juga dapat membantu investor dalam memprediksi waktu yang tepat untuk masuk atau keluar dari saham, mengetahui nilai wajar dari saham, hingga memutuskan pembelian atau penjualan saham tanpa stres yang berlebih," jelasnya.

Dari data-data yang diperoleh melalui analisis fundamental saham tersebut, nantinya akan diketahui saham apa saja yang tepat dengan tingkat prediksi keuntungan yang tinggi. Oleh sebab itu, analisis fundamental berperan penting dalam probabilitas kesuksesan ketika berinvestasi saham.

Melihat pentingnya memilih saham yang tepat tersebut, platform komunitas investasi PanenSaham Sekuritas Indonesia yang bermitra dengan Mandiri Sekuritas, berupaya untuk memberikan pemahaman kepada para investor di seluruh Indonesia dengan menggelar edukasi saham secara gratis.

"Kalau anda sudah dewasa di pasar modal, anda tidak akan tertarik lagi dengan teknikal analisis, tapi lebih memperhatikan fundamental analisis.” Kata Anthony.

Adapun PanenSaham saja menggelar edukasi saham pada Sabtu (17/12/2022) di Bukittinggi mengusung tema “Dengan Mudah, Anda Bisa Memulai Investasi Saham” dan pada Minggu (18/12/2022) mengadakan edukasi serupa di Kota Padang dengan tema “Cara Memilih Saham yang Tepat Serta Analisanya”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper