Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Analisis Fundamental Saham untuk Memilih Saham yang Tepat

Analisis fundamental saham menjadi salah satu analisis mendalam yang wajib dilakukan seorang investor saham agar dapat berinvestasi dengan tepat.
Cara analisis fundamental saham yang baik. Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Selasa (11/6/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha
Cara analisis fundamental saham yang baik. Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Selasa (11/6/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Dengan memahami cara analisis fundamental saham yang baik, Anda sudah dalam jalur yang tepat sebagai seorang investor sukses.

Analisis fundamental saham menjadi salah satu analisis mendalam yang wajib dilakukan seorang investor saham agar dapat berinvestasi dengan tepat. Pasalnya, investasi saham bukan sekadar spekulasi tanpa logika. Sama seperti investasi lainnya, investasi saham membutuhkan analisis bisnis yang mendalam.

Dengan cara analisis saham yang benar, investor saham dapat meminimalkan risiko yang terkandung dalam investasi dan sebaliknya memaksimalkan potensi keuntungan. 

Berdasarkan buku praktis Cara Cerdas Berinvestasi di Pasar Modal (OJK, 2016), cara analisis saham yang umumnya dilakukan dalam berinvestasi di pasar modal meliputi analisis fundamental dan analisis teknikal. Metode dan tujuan dari analisis fundamental dan analisis teknikal berbeda.

Analisis fundamental mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan kondisi keuangan suatu perusahaan. Tujuannya adalah mengetahui sifat-sifat dasar dan karakteristik operasional dari perusahaan publik. 

Sementara itu, analisis teknikal menggunakan data harga dan volume perdagangan di masa lalu guna memprediksi pergerakan harga yang akan terjadi. 

Dengan begitu, tujuan analisis fundamental adalah memilih saham potensial untuk menjadi tujuan investasi, sedangkan analisis teknikal untuk memutuskan kapan bertransaksi dengan target harga yang akan menguntungkan.

Kedua analisis ini juga erat kaitannya dengan motif investasi. Bila motifnya perdagangan cepat, investor perlu melakukan riset dengan menitikberatkan pada analisis teknikal. 

Sebaliknya jika motifnya investasi jangka waktu lebih panjang, maka penekanan diberikan pada analisis fundamental.

Cara Analisis Fundamental Saham

Cara melakukan analisi fundamental saham untuk memilih saham ini dapat menjadi panduan bagi investor pemula. Cara analisis saham untuk pemula juga perlu terus ditingkatkan dari waktu ke waktu.

  1. Cara analisis fundamental saham yang pertama dapat dimulai dengan analisis ekonomi global. Analisis ini dilakukan terhadap kondisi ekonomi global, misalnya suku bunga bank sentral di negara-negara maju, tingkat pertumbuhan ekonomi, pergerakan harga komoditas dunia, dan lain-lain.
  2. Selanjutnya analisis ekonomi makro. Analisis dilakukan terhadap kondisi ekonomi makro Indonesia. Analisis ini mencakup riset pada angka inflasi, angka pertumbuhan ekonomi, nilai tukar, suku bunga, dan lain-lain.
  3. Tahap ketiga analisis fundamental saham adalah analisis industri. Analisis ini menyoroti kinerja dari klasifikasi sektor industri yang tercatat di Bursa Efek Indonesia yaitu pertanian, pertambangan, industri dasar dan kimia, aneka industri, industri barang konsumsi, properti, real estat dan konstruksi bangunan, sektor utilitas, infrastruktur dan transportasi, sektor keuangan, perdagangan, jasa dan investasi. 
  4. Langkah terakhir dalam analisis fundamental saham adalah analisis keadaan keuangan perusahaan. Analisis ini membandingkan kinerja keuangan dan tata kelola atau governance dari beberapa emiten perusahaan dalam satu sektor yang sama. Analisis ini merujuk pada angka penjualan, utang perusahaan, laba yang dihasilkan, analisis rasio keuangan, dan lain-lain.

Berdasarkan definisinya, analisis fundamental merupakan analisis yang menggunakan logika inklusif yaitu dari analisis terhadap situasi global ekonomi yang luas mengerucut hingga ke analisis terhadap satu perusahaan emiten tertentu.

“Pada analisis ini dilakukan top down analysis,” demikian penjelasan dalam buku Cara Cerdas Berinvestasi di Pasar Modal (OJK, 2016).

Demikian informasi lengkap mengenai pengertian dan cara analisis fundamental saham selengkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper