Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dear Investor, Pahami 3 Prinsip Dasar Analisis Teknikal Saham

Beberapa hal yang diamati ketika melakukan analisis teknikal saham adalah pola-pola seperti harga saham, data pasar, dan volume transaksi berdasarkan historis.
Aplikasi komunitas Investasi PanenSaham kembali menggelar edukasi saham secara gratis bertemakan Rahasia Memilih dan Membaca Harga Saham untuk Memperbaiki Porto yang Merah di Swiss Belhotel Balikpapan pada Sabtu (10/12/2022)/Dok.PanenSaham
Aplikasi komunitas Investasi PanenSaham kembali menggelar edukasi saham secara gratis bertemakan Rahasia Memilih dan Membaca Harga Saham untuk Memperbaiki Porto yang Merah di Swiss Belhotel Balikpapan pada Sabtu (10/12/2022)/Dok.PanenSaham

Bisnis.com, JAKARTA – Salah satu strategi yang digunakan trader dalam berinvestasi di pasar modal adalah memprediksi pola pergerakan saham di masa mendatang melalui analisis teknikal. Adapun terdapat 3 prinsip dasar dalam menerapkan analisis tersebut.

Founder PanenSaham Sekuritas Indonesia Anthony mengatakan dalam memaksimalkan investasi, investor saham pemula maupun yang sudah berpengalaman masih perlu mengetahui dan memahami indikator analisis teknikal saham. Analisis teknikal saham merupakan teknik yang digunakan untuk menilai bagaimana kondisi pasar saham saat ini berdasar dengan riwayat harga di masa lalu.

“Analisis teknikal saham juga berguna untuk memperoleh gambaran tentang pergerakan harga pasar di masa yang akan datang,” jelas Anthony dalam keterangan resmi, Sabtu (17/12/2022).

Menurutnya beberapa hal yang diamati ketika melakukan analisis teknikal saham adalah pola-pola seperti harga saham, data pasar, dan volume transaksi berdasarkan historis. Melalui data tersebut, nantinya akan terbaca suatu trend yang bepeluang terjadi. 

Seringkali para trader akan mengikuti pola yang terjadi tersebut, di mana ketika harga cenderung naik, mereka baru membuka posisi beli. Sementara untuk para investor, hasil data dari analisis teknikal tersebut dapat membantu dalam menentukan waktu yang tepat untuk membeli suatu saham yang bisa disimpan dalam jangka waktu panjang.

Anthony menjabarkan terdapat tiga prinsip dasar dalam analisis saham. Prinsip pertama adalah segala hal yang memengaruhi pergerakan pasar, baik fundamental, bencana alam, politik, hingga faktor psikologis pelaku pasar yang telah tercermin dalam pergerakan pasar tersebut.

Prinsip kedua adalah kecenderungan pergerakan harga di pasar yang berlangsung dalam suatu pola tertentu dan tidak bergerak secara acak. Adapun pola-pola tersebut akan terus bergerak hingga berhenti bahkan akan berbalik arah.

Terakhir, pola ketiga adalah adanya beberapa grafik yang menjadi pertimbangan asumsi pasar dalam menggunakan analisis teknikal, di mana sebuah pasar selalu bergerak dalam siklus yang mengikuti pola-pola tertentu.

“Memahami cara menganalisis harga saham juga akan sangat berpengaruh bagi para investor yang memiliki portofolio saham merah atau memiliki risiko kerugian yang tinggi,” jelas Anthony.

Namun, lanjut Anthony, sulitnya memprediksi harga saham melalui analisis teknikal saham seringkali membuat para investor kebingungan harus mencari informasi dari mana. Memahami hal tersebut, PanenSaham Sekuritas Indonesia yang bermitra dengan Mandiri Sekuritas terus berkomitmen untuk memberikan edukasi mengenai saham secara gratis hingga keliling Indonesia.

Pada Sabtu (10/12/2022), PanenSaham kembali menggelar edukasi saham secara gratis bertemakan "Rahasia Memilih dan Membaca Harga Saham untuk Memperbaiki Porto yang Merah" di Swiss Belhotel Balikpapan.

“Analisis teknikal itu bukanlah ilmu keuangan, Analisis teknikal adalah ilmu statistik, ada peluang keberhasilan dan ada juga peluang kegagalan. Maka dari itu jangan pernah mengikuti rekomendasi orang lain, karena peluang tiap orang berbeda-beda," jelas Anthony.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper