Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saham Gojek Tokopedia (GOTO) Melesat, Blibli dan Bukalapak Ikut Naik

Saham papan ekonomi baru seperti GOTO, BUKA, dan BELI kompak menguat pada perdagangan hari ini.
Saham papan ekonomi baru seperti GOTO, BUKA, dan BELI kompak menguat pada perdagangan hari ini. Bisnis/Himawan L Nugraha
Saham papan ekonomi baru seperti GOTO, BUKA, dan BELI kompak menguat pada perdagangan hari ini. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Di tengah penguatan saham GOTO, saham teknologi lainnya yang tercatat di papan ekonomi baru seperti BUKA dan BELI juga menanjak.

Pada akhir sesi I perdagangan Selasa (13/12/2022), saham GOTO naik 13,79 persen atau 12 poin menjadi Rp99. Saham GOTO rebound setelah mencapai level terendah atau auto reject bawah (ARB) 11 sesi beruntun.

Selain GOTO, saham PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) juga naik 7,63 persen atau 20 poin menjadi Rp282. Saham PT Global Digital Niaga Tbk. (BELI) atau Blibli.com turut menguat 0,42 persen atau 2 poin menjadi Rp478.

Sebagai informasi, Bursa Efek Indonesia (BEI) telah resmi meluncurkan papan pencatatan baru, yakni papan ekonomi baru atau new economy pada Senin (5/12/2022).

Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik menjelaskan papan ekonomi baru merupakan papan pencatatan yang setara dengan papan utama. Perusahaan dapat tercatat di papan ini jika perusahaan memenuhi ketentuan tercatat di papan utama dan memiliki karakteristik khusus yang ditentukan oleh Bursa.

Beberapa karakteristik tersebut diantaranya adalah memiliki pertumbuhan pendapatan yang tinggi, menggunakan teknologi untuk menciptakan inovasi produk atau jasa yang meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi serta memiliki kemanfaatan sosial, serta masuk dalam bidang usaha yang ditetapkan oleh Bursa.

“Pada peluncurannya sebanyak 3 emiten telah tercatat di papan new economy, yaitu PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) dan PT Global Digital Niaga Tbk (BELI),” ujar Jeffrey dalam konferensi pers virtual Implementasi Papan Ekonomi Baru di Bursa Efek Indonesia, Senin (5/12/2022).

Jerffrey melanjutkan, saham yang tercatat di papan new economy dapat diidentifikasi melalui listing type dan juga penyematan notasi khusus di belakang kode saham perusahaan tersebut. 

Penggunaan notasi khusus dilakukan untuk mengidentifikasi bahwa saham perusahaan tercatat di papan ekonomi baru pada dasarnya bukan merupakan informasi bersifat negatif, melainkan merupakan informasi bahwa perusahaan yang bersangkutan memiliki kondisi tertentu.

Terdapat 2 notasi khusus untuk saham yang dicatatkan di Papan Ekonomi Baru, yaitu notasi khusus “K” atau perusahaan menerapkan Saham Dengan Hak Suara Multipel SHSM dan tercatat di papan new economy, serta tanda “I” yang berarti perusahaan tidak menerapkan SHSM dan tercatat di papan new economy.

Jeffrey melanjutkan, papan baru ini juga menyediakan segmentasi papan pencatatan di BEI yang merupakan sarana strategi investasi bagi investor. Sehingga, investor dapat menentukan saham yang diinvestasikan berdasarkan papan pencatatan yang ada.

Papan Ekonomi Baru juga mengakomodasi pencatatan perusahaan yang memiliki skema Saham Dengan Hak Suara Multipel (SHSM) sebagaimana diatur dalam POJK Nomor 22/POJK.04/2021 tentang Penerapan Klasifikasi Saham Dengan Hak Suara Multipel Oleh Emiten Dengan Inovasi dan Tingkat Pertumbuhan Tinggi yang Melakukan Penawaran Umum Efek Bersifat Ekuitas Berupa Saham.

Setiap lembar SHSM memiliki lebih dari 1 hak suara untuk pemegang saham yang memenuhi persyaratan, berbeda dengan saham biasa yang setiap lembarnya hanya memiliki 1 hak suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper